PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGEHER BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG


Salika Malakhati, 1401410053 (2014) PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGEHER BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGEHER BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL NUMBERED HEAD TOGEHER BERBANTUAN MICROSOFT POWERPOINT UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN IPS KELAS IV SDN SALAMAN MLOYO KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan mulai dari SD/MI/SDLB sampai SMP/MTs/SMPLB. Mata pelajaran IPS mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep, dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial (BSNP, 2006:175). Masalah dalam penelitian ini adalah kualitas pembelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang yang masih rendah. Hal ini ditunjukkan dari keterampilan guru, aktivitas siswa, serta hasil belajar siswa yang rendah, dari 25 siswa hanya 9 siswa atau 36% dari jumlah siswa yang dapat mencapai KKM 60. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran IPS yaitu melalui penerapan model numbered head together berbantuan microsoft powerpoint. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah melalui model numbered head together berbantuan microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang?”. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang dalam pembelajaran IPS melalui model numbered head together berbantuan microsoft powerpoint. Penelitian tindakan kelas ini, menggunakan model numbered head together berbantuan microsoft powerpoint yang diterapkan dalam tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari satu pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah guru (peneliti) dan siswa kelas IV SD Salaman Mloyo Semarang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus 1 mendapatkan skor 25 dengan kriteria cukup, siklus 2 mendapatkan skor 31 dengan kriteria baik, dan siklus 3 mendapatkan skor 41 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus 1 mendapatkan skor 25 dengan kriteria cukup, siklus 2 mendapatkan skor 30,52 dengan kriteria baik, dan siklus 3 mendapatkan skor 36,92 dengan kriteria baik. Hasil belajar siswa siklus 1 mendapatkan nilai rata-rata 66,4 dengan ketuntasan klasikal 52 %, siklus 2 sebesar 73,49 dengan kriteria ketuntasan klasikal 72 %, dan siklus 3 mendapatkan rata-rata sebesar 80,64 dengan kriteria ketuntasan 88 %. Hasil penelitian tersebut telah menunjukkan bahwa indikator keberhasilan telah tercapai sehingga penelitian ini dinyatakan berhasil. Adapun simpulan penelitian ini, melalui model numbered head together berbantuan microsoft powerpoint dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Salaman Mloyo Semarang. Saran bagi guru adalah agar menciptakan pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan nyata, sehingga memudahkan siswa memahami konsep yang diajarkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pembelajaran IPS, Numbered Head Together, Microsoft Powerpoint
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 10 Jun 2014 11:23
Last Modified: 10 Jun 2014 11:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20074

Actions (login required)

View Item View Item