IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMPN SE-KABUPATEN PATI


Novi Nurfitasari, 1301409021 (2014) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMPN SE-KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMPN SE-KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK DI SMPN SE-KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Implementasi layanan konseling kelompok adalah suatu aktivitas penerapan pemberian bantuan dengan suasana kelompok dengan topik atau masalah yang bersifat pribadi dan rahasia dalam kelompok yang bertujuan untuk pengembangan pribadi, pembahasan dan pemecahan masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelompok. Fenomena yang terjadi di lapangan menunjukkan bahwa pelayanan konseling kelompok kurang optimal. Perencanaan layanan layanan konseling kelompok kurang sesuai dengan standar pelaksanaan layanan konseling kelompok, pembentukan kelompok yang tidak sesuai dengan prosedur pembentukan kelompok, besarnya kelompok yang melebihi batas maksimal pelaksanaan layanan konseling kelompok, peran pemimpin kelompok yang kurang sesuai dengan tugas dan kewajiban profesionalnya, tahapan pelaksanaan terkadang melupakan tahap pembentukan dan tahap peralihan, evaluasi dan tindak lanjut layanan konseling kelompok terkadang terlupakan oleh konselor. Tujuan penelitian untuk mendapatkan informasi implementasi layanan konseling kelompok di SMPN se-Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh konselor di SMPN se-Kabupaten Pati. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Penelitian mengambil sampel 40 dari keseluruhan populasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Hasil analisis deskriptif presentase diperoleh data implementasi layanan konseling kelompok di SMPN se-Kabupaten Pati termasuk dalam kategori baik (73.3%). Pencapaian presentase pada sub variabel secara keseluruhan tergolong baik yaitu Perencanaan (74.1%); Pelaksanaan (72.2%); Evaluasi (71.4%); Analisis hasil evaluasi (75%); Tindak Lanjut (77.5%); Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat (76.3%). Simpulan penelitian ini yakni konselor di SMPN se-Kabupaten Pati sudah mengimplementasikan layanan konseling kelompok dengan kriteria baik. Adapun saran yang diajukan kepada konselor untuk senantiasa meningkatkan kemampuan professional khususnya dalam pelaksanaan dan evaluasi layanan konseling kelompok dan kepada pihak sekolah untuk memfasilitasi dan mendorong guru BK dalam mengikuti kegiatan-kegiatan ilmiah sehingga dapat meningkatkan kualitas professional konselor dalam mengimplementasikan layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, layanan konseling kelompok
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jun 2014 11:08
Last Modified: 09 Jun 2014 11:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20071

Actions (login required)

View Item View Item