TINGKAT PEMAHAMAN KONSELOR TERHADAP IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Aimmatul Husna, 1301409030 (2014) TINGKAT PEMAHAMAN KONSELOR TERHADAP IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (TINGKAT PEMAHAMAN KONSELOR TERHADAP IMPLEMENTASI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM KURIKULUM 2013 DI SMA SE-KABUPATEN CILACAP TAHUN PELAJARAN 2013/2014)
- Published Version
Download (5MB) | Preview |
Abstract
Pemahaman konselor mengenai implementasi kurikulum 2013 sangat diperlukan karena dalam hal ini konselor melaksanakan suatu program baru yaitu pelayanan arah peminatan. Penelitian ini dilakukan berdasar fenomena konselor masih banyak yang belum memahami tentang pelaksanaan kurikulum 2013 yang baru di terapkan. Tujuan penelitian secara umum untuk mengetahui tingkat pemahaman konselor terhadap implementasi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 di SMA se-kabupaten Cilacap. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh konselor di SMA se-Kabupaten Cilacap dengan menggunakan studi popilasi atau sensus karena jumlah populasi hanya 22 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket serta wawancara dan observasi sebagai pendukung. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment dan realiabilitas instrumen dengan rumus alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian dari Tingkat Pemahaman Konselor Terhadap Implementasi Bimbingan Dan Konseling Dalam Kurikulum 2013 Di SMA Se-Kabupaten Cilacap menunjukkan hasil sebagai berikut; pemahaman konselor terhadap posisi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 mempunyai persentase sebesar 72.46% (tinggi), pemahaman konselor terhadap program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 sebesar 71.60% (tinggi), dan pemahaman konselor terhadap implementasi program bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 sebesar 67.20% (sedang). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa secara umum tingkat pemahaman konselor terhadap implementasi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 Di SMA Se-Kabupaten Cilacap tahun pelajaran 2013/2014 menunjukkan persentase sebesar 70.78% dengan kriteria tinggi. Saran yang dapat diberikan adalah (1) Bagi Diknas untuk mengadakan pelatihan tentang implementasi BK dalam kurikulum 2013. (2) Kepada konselor untuk mengikuti pelatihan implementasi kurikulum 2013 agar pemahaman tentang implementasi bimbingan dan konseling dalam kurikulum 2013 semakin baik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pemahaman Konselor, Implementasi Bimbingan Dan Konseling, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1 L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 09 Jun 2014 11:00 |
Last Modified: | 09 Jun 2014 11:00 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20069 |
Actions (login required)
View Item |