MENINGKATAKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING MELALUI KONSELING INDIVIDUAL RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro 7 Gumelar Kabupaten Banyumas)

Gus Riries Nahdliyatul Awaliyah, 1301409031 (2014) MENINGKATAKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING MELALUI KONSELING INDIVIDUAL RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro 7 Gumelar Kabupaten Banyumas). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATAKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KORBAN BULLYING MELALUI KONSELING INDIVIDUAL RATIONAL EMOTIF BEHAVIOUR THERAPY TEKNIK HOMEWORK ASSIGMENT (Penelitian Eksperimen Pada Siswa Kelas VIII SMP Diponegoro 7 Gumelar Kabupaten Banyumas)) - Published Version
Download (2515Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di SMP Diponegoro 7 Gumelar yang menunjukkan bahwa terdapat siswa yang memiliki kepercayaan diri yang rendah akibat bullying. Melalui pemberian konseling individu pendekatan rational emotif behavior therapy menggunakan teknik homework assignment diharapkan kepercayaan diri siswa korban bullying kelas VIII A dapat meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui apakah konseling rational emotif behavior therapy dengan menggunakan teknik homework assignment dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa korban bullying kelas VIII A SMP Diponegoro 7 Gumelar yang berjumlah 6 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan wawancara. Untuk menganalisis data digunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subyek penelitian memiliki kepercayaan diri yang rendah. Kepercayaan diri yang rendah ditunjukkan meliputi kurangnya kemauan untuk melaksanakan tugas dengan maksimal, tertutup pada bantuan orang lain, tidak aktif dalam diskusi kelompok. Setelah diberikan layanan, terdapat peningkatan kepercayaan diri yang dimiliki siswa. Persentase kepercayaan diri yang ditunjukkan siswa pada awalnya menunjukkan angka dibawah 44%, namun setelah konseling kepercayaan diri siswa menunjukkan persentase diatas 70%. Kurangnya kepercayaan diri siswa ditunjukkan dengan sikap introvet. Konseling individu endekatan rational emotif behavior therapy dengan menggunakan teknik home work assignment dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa korban bullying . Hal ini, dapat dibuktikan dengan peningkatan persentase kepercayaan diri siswa sebelum dan sesudah konseling. Kepercayaan diri siswa sebelum konseling memiliki kriteria sedang dan rendah. sedangkan kepercayaan diri siswa setelah konseling memiliki kriteria tinggi.. Disimpulkan bahwa kurangnya kepercayaan diri pada enam siswa korban bullying dapat diatasi melalui pendekatan rational emotif behaviour therapy dengan menggunakan teknik home work assigment. Saran untuk guru BK, diharapkan melakukan penanganan lebih dini jika menemukan siswa yang menjadi korban bullying agar aktifitas serta interaksi sosial mereka disekolah tidak terganggu.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kepercayaan diri; bullying; rational emotif behavior therapy; teknik homework assignment
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 09 Jun 2014 06:56
    Last Modified: 09 Jun 2014 06:56

    Actions (login required)

    View Item