FAKTOR DETERMINAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/ 2014

Lu’luatun Miskiya, 1301409032 (2014) FAKTOR DETERMINAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/ 2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (FAKTOR DETERMINAN KEMAMPUAN PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS XI SMA NEGERI SE-KABUPATEN TEGAL TAHUN AJARAN 2013/ 2014) - Published Version
Download (1408Kb)

    Abstract

    Perencanaan karier merupakan suatu cara yang digunakan individu dalam proses perwujudan minat dan tujuan untuk menentukan suatu rancangan kegiatan dengan berbagai langkah dan cara alternatif yang akan dilakukan dalam karier untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan berdasarkan realitas. Kemampuan perencanaan karier siswa yang beragam tentunya memiliki faktor yang mendasarinya. Faktor yang determinan terhadap kemampuan perencanaan karier bisa ditinjau dari faktor internal yang terdiri dari genetik, belajar dan keterampilan, sedangkan faktor eksternal terdiri dari keluarga, teman sebaya dan sekolah. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah faktor apa yang menjadi penentu kemampuan perencanaan karier siswa. Jenis penelitian adalah penelitian survey. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten tegal. Pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik Cluster Sampling Proporsional, karena Kabupaten Tegal memiliki 11 SMA Negeri yang tersebar di perkotaan, transisi, dan perbatasan. Teknik sampling daerah ini digunakan melalui dua tahap, yaitu pertama menentukan sampel daerah kemudian menentukan orang-orang yang ada pada daerah itu secara proporsional Berdasarkan tabel issac & michael sampel dari lebih 2600 individu maka sampelnya sejumlah 307 orang diambil 191 orang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner sebanyak 78 item. Instrument tersebut telah diuji cobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk mengetahui faktor determinan kemampuan perencanaan kareir siswa. Hasil penelitian menunjukkan faktor keluarga, faktor genetik, faktor teman sebaya, faktor keterampilan dan faktor sekolah berada dalam kategori tinggi. Faktor keluarga memperoleh persentase paling tinggi sebesar 80% sehingga keluarga menjadi faktor determinan kemampuan perencanaan karier siswa. Sedangkan faktor belajar menjadi faktor yang kurang determinan terhadap kemampuan perencanaan karier siswa dengan perolehan persentase sebesar 67% yang berada dalam kategori sedang. Simpulan dari penelitian ini, faktor keluarga menjadi faktor determinan terhadap kemampuan perencanaan karier siswa kelas XI SMA Negeri se-Kabupaten Tegal. Indikator faktor keluarga yang menunjukan kategori yang sangat tinggi yaitu pengaruh dan ekspektasi keluarga sedangkan status sosial-ekonomi keluarga berada dalam kategori sedang Upaya dalam membantu siswa dalam merencanakan kariernya adalah dengan membangun komunikasi dan hubungan yang harmonis dengan semua anggota keluarga dalam mendukung perkembangan kariernya.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor Determinan Kemampuan Perencanaan Karier
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 09 Jun 2014 06:50
    Last Modified: 09 Jun 2014 06:50

    Actions (login required)

    View Item