UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI PUBERTAS AWAL MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DI KELAS VII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Nur Ida Farida, 1301409034 (2014) UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI PUBERTAS AWAL MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DI KELAS VII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (UPAYA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA REMAJA PUTRI YANG MENGALAMI PUBERTAS AWAL MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DI KELAS VII SMP N 13 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (3880Kb)

    Abstract

    Siswi remaja putri pubertas awal SMP N 13 Semarang menunjukan tingkat kepercayaan diri rendah yang ditunjukan dengan merasa malu bergaul dengan teman lawan jenis, merasa tidak memiliki harga diri, merasa tidak sebaik orang lain, merasa malu di depan umum. Rumusan masalah yaitu apakah kepercayaan diri remaja putri pubertas awal dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. Tujuan penelitian, mengetahui perbedaan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal kelas VII SMP N 13 Semarang sebelum dan setelah pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. Populasi penelitian yaitu siswi kelas VII SMP N 13 Semarang yang mengalami pubertas awal sejumlah 40 siswi. Teknik sampling menggunakan purposive sampling yaitu teknik penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Dari teknik pengambilan tersebut diperoleh 16 remaja putri pubertas awal sebagai sampel penelitian. Metode pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif persentase dan uji wilcoxon. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan tingkat kepercayaan diri remaja putri pubertas awal sebelum diberi layanan berada pada kategori rendah (50%). Hal itu dapat ditunjukan dengan sikap dan tindakan remaja putri pubertas awal yang belum nyaman dengan perubahan pada tubuhnya. Remaja putri pubertas awal kurang dapat berinteraksi dengan lawan jenis, kurang mampu berperan aktif dalam kelompok dan menghindar dari lingkungan sosial. Dalam proses penelitian, remaja putri pubertas awal mampu mengikuti layanan penguasaan teknik role playing dengan baik. Remaja putri pubertas awal ikut serta aktif dalam pelaksanaan, baik sebagai kelompok pemain maupun sebagai kelompok penonton. Setelah pemberian perlakuan, tingkat kepercayaan diri remaja putri pubertas awal berada pada kategori tinggi (78%). Hal itu dapat dilihat dari sikap remaja putri pubertas awal yang memiliki keyakinan diri terhadap kemampuan dirinya, tidak malu bergaul dan mampu bekerja sama dengan lawan jenis, mampu berkomunikasi dalam kelompok, memiliki harapan yang realistis terhadap diri dan sikap penerimaan diri terhadap perubahan fisik yang terjadi pada dirinya. Hasil uji wilcoxon menunjukan bahwa nilai zhitung = 0 dan ztabel = 30. Jadi nilai zhitung < ztabel. Dengan demikian, kepercayaan diri remaja putri pubertas awal dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. Konselor sebaiknya melaksanakan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing untuk meningkatkan kepercayaan diri remaja putri pubertas awal

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Kepercayaan Diri, Pubertas Awal, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Role Playing.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 09 Jun 2014 06:46
    Last Modified: 09 Jun 2014 06:46

    Actions (login required)

    View Item