MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014


Anisa Puji Harlina, 1301409035 (2014) MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN MANAJEMEN WAKTU MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK KONTRAK PERILAKU PADA SISWA KELAS VIII B SMP N 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VIII B SMP Negeri 21 Semarang yang menunjukkan tingkat kemampuan manajemen waktu siswa rendah, dengan indikator kurang mampu menentukan tujuan, kurang mampu menyusun prioritas, kurang mampu membuat jadwal, kurang mampu meminimalisir gangguan dan kurang mampu mendelegasikan tugas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam mengembangkan kemampuan manajemen waktu siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku. Populasi penelitian yaitu kelas VIII SMP N 21 Semarang yang berjumlah 224 siswa dan sampel yang berjumlah 28 siswa menggunakan purposeive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner kemampuan manajemen waktu. Instrumen tersebut telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian menggunakan validitas dengan rumus product moment oleh Pearson dan reabilitas instrument dengan rumus Alpha.Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji t ( t-test). Pengembangan kemampuan manajemen waktu siswa berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan manajemen waktu siswa sebelum diberi layanan pada kriteria sedang,dan setelah diberi layanan penugasaan konten dengan teknik kontrak perilaku termasuk dalam kategori tinggi. Hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 20,64 dan ttabel = 2,052, jadi nilai thitung > ttabel . dengan demikian, simpulan dari penelitian ini yaitu kemampuan manajemen waktu siswa dapat dikembangkan melalui layanan penguasan konten dengan teknik kontrak perilaku. Saran bagi Guru pembimbing yaitu bisa memberikan dukungan kepada guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan teknik yang sudah dilakukan oleh peneliti sedangkan bagi sekolah yaitu layanan penguasaan konten dengan teknik kontrak perilaku dapat dijadikaan sebagai salah satu alternatif untuk mengembangkan kemampuan manajemen waktu siswa SMP

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Waktu; Layanan Penguasaan Konten; Teknik Kontrak Perilaku.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 09 Jun 2014 10:41
Last Modified: 09 Jun 2014 10:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20065

Actions (login required)

View Item View Item