MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL RENDAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014

Intan Kusumaningrum, 1301409039 (2014) MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL RENDAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL RENDAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 21 SEMARANG TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (3241Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VII SMP Negeri 21 Semarang yang menunjukkan tingkat perilaku prososial rendah, dengan indikator kurang dapat menolong orang lain, tidak mau berbagi dan menyumbang dengan orang lain, kurang mampu bekerjasama, kurang mampu menunjukkan rasa empatinya, dan memiliki kejujuran yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya dan keberhasilan dalam meningkatkan perilaku prososial siswa melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. Untuk meningkatkan perilaku prososial siswa, salah satunya adalah melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. Layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama dipilih dengan harapan siswa dapat memahami dan menguasai konten yang diberikan yaitu perilaku prososial. Penelitian yang dilakukan ini termasuk jenis penelitian Eksperimen. Design yang digunakan adalah design pre test dan post test design. Populasi penelitian ini adalah 40 siswa kelas VII SMP Negeri 21 Semarang yang memiliki perilaku prososial rendah. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling atau sampel bertujuan, sampel yang diambil adalah 17 siswa. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan skala psikologis. Alat yang digunakan adalah skala perilaku prososial yang telah diujikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perilaku prososial siswa mengalami peningkatan, peningkatan tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut : (1) Perilaku prososial siswa sebelum memperoleh layanan berada pada kriteria rendah (2) Perilaku prosial siswa setelah memperoleh layanan berada pada kriteria tinggi, (3) Hasil uji wilcoxon menunjukkan Zhitung<Ztabel yang memiliki arti Ho penelitian ditolak dan Ha diterima. Simpulan perilaku prososial siswa dapat ditingkatkan melalui layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama. Guru pembimbing dapat memanfaatkan layanan penguasaan konten dengan teknik sosiodrama sebagai salah satu upaya meningkatkan perilaku prososial siswa, serta dapat memberikan layanan terkait konten kejujuran berdasarkan pada hasil temuan penelitian.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Perilaku Prososial, Layanan Penguasaan Konten dengan Sosiodrama.
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 09 Jun 2014 06:33
    Last Modified: 09 Jun 2014 06:33

    Actions (login required)

    View Item