PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BATANG

Sofyan Hadi, 1201409038 (2014) PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL KEJAR PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN BATANG) - Published Version
Download (3040Kb)

    Abstract

    Penelitian ini dilatar belakangi oleh kenyataan bahwa pendidikan merupakan suatu hal penting bagi masyarakat. Masyarakat yang tidak mampu melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maupun bekerja karena berbagai macam faktor diharapkan agar dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi serta mereka dapat menyiapkan masa depannya dengan keterampilan yang telah mereka dapat. Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) sebagai satu bentuk lembaga pendidikan yang memberikan layanan bagi masyarakat. Permasalahan penelitian ini adalah: bagaimana mengelola pembelajaran kontekstual? yang meliputi: 1) perencanaan pembelajaran kontekstual, 2) pelaksanaan pembelajaran kontekstual, 3) evaluasi pembelajaran kontekstual, 4) faktor yang menghambat pembelajaran kontekstual. Penelitian pengelolaan pembelajaran kontekstual kejar Paket C menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan terdiri dari 1 Kepala Sanggar Kegiatan Belajar, 2 Koordinator program kejar paket C, 3 Tutor, dan 4 Peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) Pengumpulan data, (2) Reduksi data, (3) Penyajian data, dan (4) Penarikan kesimpulan/verifikasi. Teknik yang digunakan untuk pengecekan keabsahan data dalam penelitian ini adalah Triangulasi Sumber. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini: 1) Perencanaan pembelajaran kontekstual, dalam penyusunan rencana pembelajaran yaitu sebuah perencanaan kegiatan proses pembelajaran warga belajar dimana merupakan gabungan antara standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok, tujuan pembelajaran, media pembelajaran, strategi pembelajaran, metode pembelajaran, sampai dengan evaluasi pembelajaran. 2) Pelaksanaan pembelajaran terdapat banyak inovasi di dalam hal rencana persiapan pelaksanaan pembelajaran, sumber-sumber yang dipakai, model pembelajaran sampai perubahan yang terjadi dalam materi pelajaran serta pada pelaksanaan pembelajaran dengan sistem penilaian sangat mempertimbangkan karakteristik warga belajar juga keterampilan kemampuan tutor bidang studi/ matapelajaran yang melaksanakan dan menerapkan pembelajaran kontekstual tersebut dalam kegiatan belajar mengajar dikelas maupun diluar kelas. 3) Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif dan sumatif. 4) Faktor penghambat dalam proses pembelajaran kontekstual yaitu, terbatasnya waktu atau jam pembelajaran kepada warga belajar, karakteristik warga belajar berupa faktor psikologis dimana didalamnya yaitu kecerdasan atau inteligensi wrga belajar, sikap atau kebiasaan warga dalam mengikuti proses pembelajaran, motivasi dan minat warga belajar. Simpulan dari peneitian adalah perencanaan pembelajaran dilakukan oleh tutor kejar paket C di SKB Subah Kabupaten Batang menggunakan model pendekatan perencanaan pembelajaran kontekstual. Saran-saran yang disampaikan yaitu : 1) Perencanaan pembelajaran kontekstual, waktu yang diperlukan disesuaikan dengan beban belajar peserta didik. 2) Pelaksanaan pembelajaran kontekstual kepada paran tutor diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran sesuai dengan kondisi dan minat warga belajar. 3) Tutor mengevaluasi diri tentang penyampaian bahan/materi pembelajaran oleh tutor dalam proses pembelajaran dapat diterima oleh peserta didik dengan baik atau tidak. 4) Tutor senantiasa bersikap terbuka terhadap inovasi dan merespon secara aktif dan kreatif setiap perkembangan pendidikan, sehingga dalam memberikan materi pembelajaran, apa yang dilakukan terhadap warga belajar benar-benar dapat efektif sesuai dengan tujuan dari pembelajaran tersebut agar faktor-faktor yang menghambat pembelajaran kontekstual dapat teratasi dengan baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Pembelajaran, Pendekatan Kontekstual
    Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
    Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 05 Jun 2014 07:01
    Last Modified: 05 Jun 2014 07:01

    Actions (login required)

    View Item