PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI TPQ MUHAMMADIYAH KELURAHAN MANGKANG WETAN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG


Zaeni Ulfa, 1201409042 (2014) PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI TPQ MUHAMMADIYAH KELURAHAN MANGKANG WETAN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI TPQ MUHAMMADIYAH KELURAHAN MANGKANG WETAN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PROSES PENANAMAN NILAI-NILAI MORAL PADA ANAK DI TPQ MUHAMMADIYAH KELURAHAN MANGKANG WETAN KECAMATAN TUGU KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak-anak pada zaman sekarang berhadapan dengan berbagai perubahan yang pesat dibidang sosial, politik, ilmu pengetahuan, pendidikan, teknologi, industri, lingkungan, dan lainnya. Beragam realitas yang terjadi pada era globalisasi yang semakin marak seperti tayangan smack down, sinetron cinta anak sekolah, dan sebagainya telah membuat anak usia pra sekolah menjadi konsumtif dan terjerumus pada tindakan asusila bahkan sampai tindakan kriminal. Sejalan dengan hal tersebut, diperlukan pembinaan atau pembelajaran nilai-nilai moral yang dilakukan pendidik, dan disesuaikan dengan tingkat perkembangan jasmani dan rohani dengan tujuan agar anak menjadi insan yang shaleh, berilmu pengetahuan, dan berbudi pekerti sesuai dengan nilai-nilai moral. Taman Pendidikan Qur’an / TPQ Muhammadiyah merupakan lembaga pendidikan nonformal dengan konsep terpadu yaitu memadukan agama dengan ilmu pengetahuan yang berbasis nilai-nilai al-Qur’an dan nilai-nilai moral. Pembelajaran nilai-nilai moral bisa diterapkan kegiatan pembelajaran yang dilakukan setiap harinya.Berangkat dari latar belakang itulah, penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul Proses Penanaman nilai-nilai moral pada anak di TPQ Muhammadiyah Mangkang Wetan Kecamatan Tugu Kota Semarang. Rumusan Masalahnya: (1) apa saja program yang dilaksanakan di TPQ Muhammadiyah; (2) bagaimana pelaksanaan pembelajaran nilai-nilai moral pada anak di TPQ Muhammadiyah; (2 ) apa hambatan pembelajaran nilai-nilai moral pada anak. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui program yang dilakukan di TPQ Muhammadiyah, mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran nilai-nilai moral pada anak di TPQ Muhammadiyah, dan mencari solusi tentang hambatan dalam penanaman nilai-nilai moral pada anak di TPQ Muhammadiyah Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam perjalanan mengumpulkan data, digunakan dengan teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisinya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati. Penelitian berusaha menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Penaaman Nilai-nilai Moral pada Anak.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2014 10:57
Last Modified: 05 Jun 2014 10:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20061

Actions (login required)

View Item View Item