PERSEPSI GURU BK TENTANG KOMPETENSI KONSELOR DI SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA SEMARANG


Restu Setyoningtyas, 1301408071 (2014) PERSEPSI GURU BK TENTANG KOMPETENSI KONSELOR DI SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU BK TENTANG KOMPETENSI KONSELOR DI SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU BK TENTANG KOMPETENSI KONSELOR DI SEKOLAH DASAR SWASTA KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena tentang para guru BK di sekolah dasar tentang keberagaman pelaksanaan guru BK di sekolah dasar. Pada umumnya pelaksanaan BK di sekolah dasar dilaksanakan oleh guru kelas. Pada beberapa sekolah dasar swasta di kota Semarang pelaksanaan bimbingan dan konseling dilakukan oleh benar-benar guru BK. Namun, ada keberagaman dimana tidak selalu seorang guru BK adalah lulusan dari S1 Bimbingan Konseling. Dengan penelitian ini diharapkan dapat mengetahui persepsi para guru BK tentang kompetensi konselor, dimana kompetensi konselor merupakan syarat minimal seorang guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru BK. Jenis penelitian adalah penelitiaan deskriptif dengan metode survey. Populasi penelitian adalah guru BK sekolah dasar swasta di Kota Semarang yang berjumlah 25 orang. Teknik penelitian menggunakan studi populasi karena populasi yang relatif kecil (kurang dari 30 orang) sehingga semua populasi digunakan sebagai sampel. Metode penelitian menggunakan skala psikologi dengan instrument sebanyak 105 yang juga telah diujicobakan untuk digunakan dalam penelitian. Metode analisi data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian secara umum menunjukkan bahwa persepsi guru BK tentang kompetensi konselor menunjukkan kategori positif yaitu 80%, kemudian untuk perindikator ada kompetensi pedagogik dalam kategori sangat positif yakni 80%, kompetensi kepribadian yang memiliki 45% termasuk dalam kriteria kurang positif, kompetensi sosial dalam kategori kurang positif dengan persentase sebesar 42%, dan kompetensi profesional dengan kategori cukup positif yakni 56%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa sesuai dengan tujuan dari penelitian ini bahwa persepsi guru BK di sekolah dasar tentang kompetensi konselor secara keseluruhan menunjukkan hasil yang positif. Adapun persepsi tentang tiap kompetensi yaitu kompetensi pedagogik berkriteria sangat positif (80%), kompetensi kepribadian berkriteria kurang positif (45%), kompetensi sosial dengan kriteria kurang positif (42%), dan kompetensi profesional berkriteria cukup positif (56%). Untuk hasil dengan kriteria kurang positif dikarenakan pelaksanaan BK di sekolah dasar belum mendapat dukungan yang maksimal dari masyarakat sekolah yang lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Persepsi Guru, Kompetensi Konselor
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2014 10:36
Last Modified: 05 Jun 2014 10:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20058

Actions (login required)

View Item View Item