PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DIKAJI DARI PARTISIPASI MEREKA TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 MAOS TAHUN AJARAN 2013/2014


Dewi Pradnya Paramita, 1301409008 (2014) PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DIKAJI DARI PARTISIPASI MEREKA TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 MAOS TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DIKAJI DARI PARTISIPASI MEREKA TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 MAOS TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (PERSEPSI GURU MATA PELAJARAN TERHADAP BIMBINGAN DAN KONSELING DIKAJI DARI PARTISIPASI MEREKA TERHADAP PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SMA NEGERI 1 MAOS TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Partisipasi guru mapel merupakan salah satu kunci sukses dalam pelaksanaan BK di sekolah. Hal ini dikarenakan guru mapel memiliki kelebihan dalam hal intensitas pertemuan dengan siswa. Namun demikian masih banyak guru mapel yang kurang optimal dalam berpartisipasi. Membantu kegiatan BK di sekolah merupakan wujud nyata partisipasi guru mapel dalam pelaksanaan BK di sekolah. Permasalahanna adalah guru mapel enggan untuk berpartisipasi dalam pelaksanaan BK sehingga partisipasinya dirasa kurang. Hal tersebut diduga karena guru mapel kurang sesuai dalam mempersepsi BK sehingga timbul persepsi yang berbeda-beda. Sering kali BK dianggap sebagai polisi sekolah sehingga guru mapel merasa tidak perlu berpartisipasi. Hal tersebut juga terjadi di SMA Negeri 1 Maos, dimana partisipasi guru mapel terhadap pelaksanaan BK belum optimal dan persepsi guru mapel juga masih kurang sesuai terhadap BK di sekolah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah persepsi guru mapel terhadap BK dan variabel terikat (Y) dalam penelitian ini adalah partisipasi guru mapel terhadap pelaksanaan BK. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi. Jenis data yang digali dalam penelitian ini adalah bersifat bukan faktual atau abstrak, sehingga instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan alat ukur skala psikologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi persepsi guru mata pelajaran terhadap BK dikaji dari partisipasi mereka terhadap pelaksanaan BK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat partisipasi guru mata pelajaran termasuk dalam kategori tinggi (75,13%) dan persepsi guru mapel terhadap BK dalam kriteria sesuai (70,52%). Dengan kontribusi yang diperoleh dari pengaruh partisipasi terhadap persepsi adalah (0,49616)2 = 0,2462 = 24,62% yaitu kontribusi persepsi terhadap naik turunya tingkat partisipasi adalah 24,62%, sedangkan 75,38% merupakan kontribusi dari faktor lain. Hal ini berarti hipotesis kerja (Ha) dalam penelitian ini diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada korelasi positif antara persepsi guru mapel terhadap BK dengan partisipasi guru mapel terhadap pelaksanaan BK di SMA Negeri 1 Maos. Dari hasil tersebut maka disarankan kepada pihak sekolah terutama kepala sekolah, perlu membangun suasana yang dapat memicu tumbuhnya kerjasama antara guru mapel dan guru pembimbing terhadap pelaksanaan BK di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: persepsi, partisipasi, guru mata pelajaran, bimbingan dan konseling.
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling, S1
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 05 Jun 2014 10:07
Last Modified: 05 Jun 2014 10:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20056

Actions (login required)

View Item View Item