PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN DASAR MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG


Siti Maghfiroh, 1102409019 (2014) PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN DASAR MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN DASAR MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG]
Preview
PDF (PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI MULTIMEDIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION PADA MATA PELAJARAN DASAR MULTIMEDIA DI SMK PERDANA SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang cenderung kurang memuaskan. Beberapa faktor yang berkaitan dengan rendahnya hasil belajar siswa yang paling utama adalah rendahnya minat siswa untuk mengikuti pelajaran dengan baik dan bersungguh-sungguh. Menurut Nur (2005), STAD terdiri dari lima komponen utama yaitu presentasi kelas, kerja tim (kelompok), kuis, peningkatan individu dan penghargaan tim. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) pembelajaran akan lebih menarik karena merupakan gabungan antara dua hal, belajar dengan kemampuan masing-masing individu dan belajar kelompok sehingga siswa dapat saling bertukar pengetahuan yang dimiliki untuk menyelesaikan masalah. Hasil penelitian diperoleh bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD mampu memberikan suasana yang menyenangkan di dalam kelas sehingga siswa tidak merasa tegang dan bisa menerima materi pelajaran dengan lebih baik sehingga minat siswa dalam belajar lebih meningkat. Sedangkan peningkatan hasil belajar diperoleh rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 74,05 dengan ketuntasan klasikal adalah 64,70%. Pada siklus II rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat menjadi 81,61 dengan ketuntasan klasikal mencapai 85,2%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran dasar multimedia. Saran dari hasil penelitian ini yaitu guru mata pelajaran dasar multimedia perlu menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) dalam proses pembelajaran karena membawa pengaruh yang positif dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa, serta guru hendaknya dapat mengolah kemampuannya untuk membuat media pembelajaran yang lebih efektif dan efisien yang dapat mendukung proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan kualitas pembelajaran yang dapat meningkatkan minat dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Hasil belajar, Model Pembelajaran STAD
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jun 2014 16:30
Last Modified: 03 Jun 2014 16:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20051

Actions (login required)

View Item View Item