KEEFEKTIFAN KEGIATAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MELALUI JARGOONE.TV SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PRODUKTIF SISWA DI SMK N 11 SEMARANG
Nur Amin Rais, 1102409017 (2014) KEEFEKTIFAN KEGIATAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MELALUI JARGOONE.TV SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PRODUKTIF SISWA DI SMK N 11 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN KEGIATAN PENGAYAAN PEMBELAJARAN MULTIMEDIA MELALUI JARGOONE.TV SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI PRODUKTIF SISWA DI SMK N 11 SEMARANG)
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengangkat penerapan pembelajaran menggunakan pengayaan melalui jargoone.tv terhadap kompetensi produktif siswa SMK N 11 Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui perbedaan peningkatan kompetensi siswa antara siswa yang ikut dan siswa yang tidak dalam kegiatan pengayaan melalui jargoone.tv di SMKN 11 Semarang. (2) Mengetahui keefektifan kegiatan pengayaan melalui jargoone.tv di SMKN 11 Semarang dalam meningkatkan kompetensi produktif siswa. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pola random control group pretest-postest. Desain penelitian diawali dengan observasi awal dan pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal sampel penelitian, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan, perlakuan yang diberikan adalah penerapan program pengayaan pembelajaran melalui jargoone.tv pada kelas eksperimen. Kemudian dilanjutkan dengan observasi akhir dan postest untuk mengetahui hasil akhir penelitian. Hasil penelitian membuktikan adanya perbedaan kualitas produksi siswa yang cukup signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelompok kontrol 46.66% siswa tingkat keaktifannya sedang dan 53.33% siswa tingkat keaktifannya tinggi. Sedangkan pada kelompok eksperimen 20% siswa tingkat keaktifannya sedang dan 80% siswa tingkat keaktifannya tinggi. Sedangkan menurut uji t pada hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji Paired Samples T-Test diperoleh thitung = 2,369 dimana thitung = 2,369 > ttabel sebesar 2,042 dan sig. 0,001 dimana 0,001 < α = 0,05 dimana H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan kata lain terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kompetensi produktif siswa pada kelas eksperimen dan kelas control. Perlu adanya penerapan pengayaan dengan jargoone.tv karena dengan penerapan pengayaan dengan jargoone.tv ini terbukti dapat meningkatkan kualitas produksi dan kompetensi produktif siswa. Untuk dapat terlaksananya program pengayaan dengan jargoone.tv ini perlu adanya kerja sama antara sekolah dan jargoone.tv sebagai sarana pengembangan kompetensi siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengayaan Melalui Jargoone.tv, Peningkatan, kompetensi produktif. |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 16:26 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 16:26 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20050 |
Actions (login required)
View Item |