EVALUASI TERHADAP KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS XI IA SMA NEGERI SE KOTA SEMARANG


Mukhamad Arief, 1102409034 (2014) EVALUASI TERHADAP KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS XI IA SMA NEGERI SE KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EVALUASI TERHADAP KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS XI IA SMA NEGERI SE KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (EVALUASI TERHADAP KUALITAS MEDIA PEMBELAJARAN DI KELAS XI IA SMA NEGERI SE KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran adalah sebuah sarana yang dapat digunakan oleh pengajar dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga proses pembelajaran dikelas dapat berjalan dengan mudah dan terarah. Namun pada kenyataannya terkadang proses pembelajaran kurang dapat berlangsung dengan baik dan hasil yang diperoleh dari digunakannya media tersebut kurang sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kualitas media pembelajaran yang dibuat dan digunakan oleh pengajar untuk membantu pembelajarannya dikelas. Selaian itu ditujukan untuk menemukan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi media tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif Deskriptif. Hasil penelitian yang berupa angka-angka dari point angket yang telah diisi oleh siswa akan diolah dengan analisis deskriptif prosentase dan pemaparan hasil penelitiannya akan dijelaskan dengan metode Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas media yang dibuat mendapat kategori baik. Hal ini dilihat dari hasil pengolahan data angket yang telah dibagikan kepada siswa dengan indikator yang membahas kualitas media mendapatkan hasil rata-rata baik. Seperti daya tarik, tujuan pembelajaran, kesiapan isi materi, keterampilan dan kemampuan pengajar mempengaruhi kualitas dari media tersebut. Kualitas media dari SMA Negeri di kota Semarang mendapatkan kriteria baik. Namun masih ada beberapa indikator yang masih harus diperhatikan dan dikembangkan karena masih ada yang masuk dalam kategori cukup. Lalu fasilitas penuh dalam pengembangan media pembelajaran agar kualitas media tersebut semakin baik. sehingga hasil belajar yang diperoleh peserta didik meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: evaluasi kualitas media pembelajaran
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 03 Jun 2014 11:25
Last Modified: 03 Jun 2014 11:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20046

Actions (login required)

View Item View Item