PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS XI DI SMK NEGERI 2 PURWODADI
Rita Kurniawati, 1102410004 (2014) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS XI DI SMK NEGERI 2 PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING PADA MATA PELAJARAN KETERAMPILAN KOMPUTER DAN PENGELOLAAN INFORMASI (KKPI) KELAS XI DI SMK NEGERI 2 PURWODADI)
- Published Version
Download (8MB) | Preview |
Abstract
Berdasarkan pengamatan pembelajaran di SMK N 2 Purwodadi menunjukkan adanya kendala pada pembelajaran KKPI kelas XI yang disampaikan oleh guru mata pelajaran, diantaranya: kurang tuntasnya pembahasan materi pembelajaran sehingga ada beberapa materi yang tertinggal, kurang seimbangnya penguasaan kompetensi teori dan praktik oleh siswa, dan kurangnya inovasi penerapan model pembelajaran yang dapat mengkonstruksikan ide-ide dan pengetahuan siswa. Salah satu upaya untuk mengatasi kendala tersebut adalah mengembangkan dan mengimplementasikan model blended learning pada pembelajaran KKPI dengan mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dan online. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan perencanaan, mengimplementasikan, dan menguji keefektifan pembelajaran dengan model blended learning pada mata pelajaran KKPI kelas XI di SMK N 2 Purwodadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development model ADDIE. Adapun populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMK N 2 Purwodadi. Sedangkan sampel penelitian adalah siswa kelas XI TITL 1 dan XI TITL 2 yang dipilih dengan teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi, tes, dan angket/kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan pembelajaran dengan model blended learning layak digunakan sebagai pedoman pelaksanaan pembelajaran di kelas; (2) model pembelajaran blended learning dapat diimplementasikan sesuai perencanaan yang mencakup orientasi, organisasi, investigasi, presentasi, analisis, dan evaluasi; (3) pembelajaran dengan model blended learning terbukti efektif dilihat dari segi (a) hasil belajar KKPI yang menggunakan model blended learning >75 dan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelompok yang menggunakan model blended learning dan kelompok yang tidak menggunakan model blended learning; (b) proses berupa peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa yang lebih baik. Dari hasil penelitian ini disarankan perlunya pengembangan model blended learning sebagai suplemen pembelajaran tatap muka pada mata pelajaran KKPI dan mata pelajaran yang lain
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Pembelajaran, Model Blended Learning, Mata Pelajaran KKPI |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 03 Jun 2014 11:21 |
Last Modified: | 03 Jun 2014 11:21 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20045 |
Actions (login required)
View Item |