PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PEGAWAI PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH JAWA TENGAH


Restu Yuliani Wibowo, 7351308028 (2013) PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PEGAWAI PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PEGAWAI PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH JAWA TENGAH]
Preview
PDF (PERAN KEPEMIMPINAN DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN PEGAWAI PADA BADAN PENANAMAN MODAL DAERAH JAWA TENGAH) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kepemimpinan merupakan kekuatan aspirasional, kekuatan, semangat, dan kekuatan moral yang kreatif yang mampu mempengaruhi para anggota untuk mengubah sikap, sehingga mereka menjadi paham dengan keinginan pemimpin. Tingkah laku kelompok atau organisasi menjadi aspirasi pemimpin oleh pegaruh interpersonal pemimpin terhadap anak buahnya. Masalah dalam penelitian inni adalah Bagaimana peran kepemimpinan dalam menegakkan kedisiplinan dan faktor-faktor yang menyebabkan karyawan terbentuk sikap kedisiplinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan dalam menegakkan kedisiplinan pegawai dan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang dialami pelaksanaan meningkatkan kedisiplinan pegawai. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan metode analisis yang digunakan adalah metode analisis Deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kepemimpinan dalam Menegakkan Kedisiplinan pada Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah dan faktor-faktor yang menyebabkan karyawan terbentuk sikap kedisiplinan pada Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan gaya kepemimpinan pada Badan Penanaman Modal Daerah Jawa Tengah sistem kepemimpinan menganut gaya transformasional, gaya pemimpin yang mendorong pegawai untuk melakukan perubahan sistem kerja semula dari segala aspek dengan sistem kerja yang baru guna mencapai tujuan perusahaan yang diharapkan.. Meskipun masih terdapat kendala-kendala yang dihadapi diantaranya adanya fasilitas-fasilitas kantor yang kurang memadai, hal ini dapat menghambat pekerjaan pegawai. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan Peran Pemimpin sangat berpengaruh dalam peningkatan kedisiplinan kerja pegawai Pada Penanaman Modal Daerah guna mencapai keberhasilan kerja sebagaimana dengan tujuan awal instansi. Saran yang dapat diberikan adalah Pemimpin harus lebih intensif dalam mengajukan surat permohonan penambahan fasilitas pada pemerintah agar para pegawai lebih termotivasi dalam meningkatkan kedisiplinan kerja yang sebelumnya masih merasa belum difasilitasi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Disiplin
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Manajemen, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 02 Jun 2014 10:12
Last Modified: 02 Jun 2014 10:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20042

Actions (login required)

View Item View Item