TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGENDALIAN ROB DAN BANJIR DALAM PENATAAN RUANG DI KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERDA NO.14 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH

Aries Bustami Budiyarto, 8150408161 (2013) TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGENDALIAN ROB DAN BANJIR DALAM PENATAAN RUANG DI KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERDA NO.14 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (TINJAUAN YURIDIS TERHADAP PENGENDALIAN ROB DAN BANJIR DALAM PENATAAN RUANG DI KOTA SEMARANG BERDASARKAN PERDA NO.14 TAHUN 2011 TENTANG RENCANA TATA RUANG WILAYAH) - Published Version
Download (3462Kb)

    Abstract

    Rob dan banjir merupakan persoalan di Kota Semarang yang menjadi salah satu masalah Kota Semarang. Rencana tata ruang akan berjalan jika kebijakan tersebut dijalankan sesuai peraturan yang berlaku. Berdasarkan Pasal 3 peraturan daerah Kota Semarang No.14 Tahun 2011 tentang RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Kebijakan apa sajakah yang dilakukan Pemerintah Kota Semarang dalam penanganan pengendalian rob dan banjir di Kota Semarang, 2) Bagaimanakah implementasi kebijakan penanganan pengendalian rob dan banjir oleh Pemerintah Kota Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan dan implementasi Pemerintah kota Semarang dalam menangani pengendalian rob dan banjir di Kota Semarang, Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris dan teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa mengetahui kebijakan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Semarang dalam menangani pengendaliaan rob dan banjir berserta Implementasi sudah dilaksanakan maupun yang belum dilaksanakan dari kebijakan Pemerintah Kota Semarang sama hal nya dalam menangani pengendalian rob dan banjir di kota Semarang berdasarkan Peraturan daerah nomor 14 tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah. Simpulan dari penelitian ini menunjukan bahwa Kebijakan dan implementasi Pemerintah Kota Semarang dalam mengendalikan rob dan banjir yang terdapat dalam Perda Nomor 14 Tahun 2011 Kota Semarang, tentang rencana tata ruang wilayah di Kota Semarang belum optimal. Konsep penanganan yang baik tidak menjamin berhasilnya program penanganan rob dan banjir. Saran dalam penelitian ini 1) Peraturan yang mengatur khusus rob dan banjir di kota Semarang belum ada masih ikut di dalam Perda Nomor 14 Tahun 2011 Kota Semarang, tentang rencana tata ruang wilayah, setidaknya ada peraturan khusus yang mengatur penanganan rob banjir di Kota Semarang. 2) Dinas seharusnya melakukan penyuluhan dan pendekatan pada masyarakat lebih intensif. Hal ini dilakukan melalui sosialisasi dari berbagai kalangan yang cinta akan lingkungan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: kebijakan, pengendalian rob dan banjir, Perda Nomor 14 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah.
    Subjects: K Law > KZ Law of Nations
    Fakultas: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum, S1
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 30 May 2014 06:46
    Last Modified: 30 May 2014 06:56

    Actions (login required)

    View Item