FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN KEBERADAAN RISK MANAGEMENT COMMITTEE PADA INDUSTRI HIGH PROFILE


YOSEPHINE ENDAH NUR DIANI, 7211409007 (2013) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN KEBERADAAN RISK MANAGEMENT COMMITTEE PADA INDUSTRI HIGH PROFILE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN KEBERADAAN RISK MANAGEMENT COMMITTEE PADA INDUSTRI HIGH PROFILE]
Preview
PDF (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN KEBERADAAN RISK MANAGEMENT COMMITTEE PADA INDUSTRI HIGH PROFILE) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Risk management committee merupakan komite yang bertugas melakukan pengawasan, penetepan kebijakan, strategi, dan pengelolaan manajemen risiko. Ketika perusahaan membentuk risk management committee, pengawasan terhadap manajemen risiko perusahaan akan lebih baik dan fokus. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh komisaris independen, ukuran dewan komisaris, kompleksitas bisnis, reputasi auditor, dan risiko pelaporan keuangan terhadap keberadaan risk management committee. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan industri high profile (manufaktur dan pertambangan) yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2011 dengan jumlah 169 perusahaan. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan 96 sampel perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang diambil melalui teknik dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis regresi logistik dengan  0,05. Variabel independen dalam penelitian ini adalah komisaris independen, ukuran dewan komisaris, kompleksitas bisnis, reputasi auditor, dan risiko pelaporan keuangan. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah keberadaan risk management committee. Hasil penelitian ini menunjukkan variabel komisaris independen tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan RMC (0,112 > 0,05). Ukuran dewan komisaris tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan RMC (0,077>0,05). Kompleksitas bisnis tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan RMC (0,366>0,05). Reputasi auditor berpengaruh signifikan terhadap keberadaan RMC (0,000<0,05). Risiko pelaporan keuangan tidak berpengaruh signifikan terhadap keberadaan RMC (0,618>0,05). Nilai Nagelkerke R Square adalah sebesar 0,129 atau kemampuan kelima variabel menjelaskan keberadaan risk management committee sebesar 12,9%, sedangkan 87,1% dijelaskan oleh variabel lain. Saran bagi penelitian selanjutnya adalah menambah variabel baru, gunakan proxy pengukuran lain, serta memperluas sampel dan menambah periode penelitian.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Komisaris Independen, Ukuran Dewan Komisaris, Kompleksitas Bisnis, Reputasi Auditor, Risiko Pelaporan Keuangan dan Risk Management Committee.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2014 13:52
Last Modified: 26 May 2014 13:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20016

Actions (login required)

View Item View Item