MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG MELAYANG DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN 2012


Atas Arief, 6101408068 (2013) MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG MELAYANG DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG MELAYANG DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN 2012]
Preview
PDF (MODEL PEMBELAJARAN PERMAINAN SEPAK BOLA GAWANG MELAYANG DALAM PENJASORKES PADA SISWA KELAS VI MI HIDAYATUS SHIBYAN KECAMATAN SEDAN KABUPATEN REMBANG TAHUN 2012) - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang dalam penjasorkes pada siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan Kecamatan Sedan Kabupaten Rembang tahun 2012. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang dalam penjasorkes pada siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan kecamatan Sedan kabupaten Rembang tahun 2012. Metode pengembangan ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall yang telah dimodifikasi, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi, termasuk observasi lapangan dan kajian pustaka. (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa peraturan permainan Sepak bola gawang melayang). (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli dan uji coba kelompok kecil (12 siswa). Revisi ini digunakan untuk perbaikan tehadap produk awal yang dibuat oleh peneliti. (5) Uji coba lapangan (29 siswa). (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang bagi siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan yang dihasilkan melalui revisi uji lapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji kelompok kecil (12 siswa putra MI Hidayatus Shibyan), dan uji coba lapangan (29 siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan).Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase untuk mengungkap aspek psikomotorik, kognitif, dan afektif siswa setelah menggunakan produk. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 94,6 % (sangat baik), ahli pembelajaran I 96 % (sangat baik), ahli pembelajaran II 90,6 % (sangat baik), uji coba skala kecil 76,8 % (baik), dan uji coba lapangan 93,7 % (sangat baik). Model pembelajaran ini dapat diterima oleh siswa berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata 95,9 % yang termasuk dalam kategori (sangat baik), sehingga model ini dapat digunakan. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang ini dapat digunakan bagi siswa kelas VI MI Hidayatus Shibyan kecamatan Sedan kabupaten Rembang tahun 2012. Saran yang diajukan adalah (1) model pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang dapat digunakan sebagai alternatif penyampaian materi pembelajaran sepak bola untuk Siswa SD/MI, karena sesuai dengan karakteristik siswa dan sarana prasarana di sekolah. (2) bagi Guru penjas, diharapkan dapat mengembangkan model pembelajaran yang lebih menarik dan lebih variatif lagi untuk pembelajaran sepak bola disekolah, sehingga pembelajaran permainan sepak bola gawang melayang lebih efektif dan menyenangkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran permainan sepak bola
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2014 13:54
Last Modified: 26 May 2014 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20011

Actions (login required)

View Item View Item