PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN DASAR KESEIMBANGAN MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN “SI BOLANG” PADA SISWA KELAS III SD N BEDONO 01 KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013

Alvian Nur Achmad, 6101408200 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN DASAR KESEIMBANGAN MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN “SI BOLANG” PADA SISWA KELAS III SD N BEDONO 01 KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN DASAR KESEIMBANGAN MELALUI PENDEKATAN PERMAINAN “SI BOLANG” PADA SISWA KELAS III SD N BEDONO 01 KECAMATAN SAYUNG KABUPATEN DEMAK TAHUN 2012/2013) - Published Version
Download (2695Kb)

    Abstract

    Latar belakang dalam penelitian ini adalah pembelajaran kebugaran khususnya keseimbangan yang masih kurang menarik sehingga perlu disajikan dalam bentuk pembelajaran yang lebih menarik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana model pembelajaran latihan dasar keseimbangan melalui pendekatan permainan “si bolang” dapat memenuhi kebutuhan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil pengembangan model pembelajaran latihan dasar keseimbangan melalui pedekatan permainan “si bolang”. Penelitian pengembangan pembelajaran yang merupakan dasar untuk mengembangkan model yang akan di hasilkan, adapun prosedur/langkah-langkahnya sebagai berikut: (1) melakukan analisis kebutuhan yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran, serta uji coba kelompok kecil, dengan menggunakan kuesioner dan konsultasi serta evaluasi yang kemudian dianalisis. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahlidan uji coba kelompok kecil (10 siswa). (5) Uji coba lapangan (30 siswa) (6) Revisi produk akhir yang dilakukan berdasarkan hasil uji coba lapangan. (7) Hasil akhir model pembelajaran latihan dasar keseimbangan melalui pendekatan permainan “si bolang”. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli penjas dan dua ahli pembelajaran), uji kelompok kecil (10 siswa kelas III SD N Bedono 01), dan uji lapangan (30 siswa kelas III SD N Bedono 01). Dari hasil Uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli penjas dengan persentase 87,33% (baik), ahli pembelajaran I dengan persentase 89,33% (baik), ahli pembelajaran II dengan persentase 84,66% (baik), uji coba kelompok kecil 81,66% (baik), dan uji coba kelompok besar 88,55% dengan kriteria (baik), sehingga model ini dapat digunakan. Dari data yang ada maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran permaian “si bolang” ini dapat digunakan bagi siswa kelas III SD N bedono 01 Kecamatan Sayung Kabupaten Demak. Saran yang diajukan adalah (1) model pembelajaran permainan “si bolang” dapat digunakan sebagai alternatih penyampaian materi pembelajaran latihan dasar keseimbangan bagi siswa SD, karena sesuai dengan karakteristik siswa. (2) bagi Guru penjas, diaharapkan dapat mengembangakan model pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: MODEL PEMBELAJARAN LATIHAN DASAR KESEIMBANGAN
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
    O Sport > Education, Training, Research
    Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 26 May 2014 09:54
    Last Modified: 26 May 2014 09:54

    Actions (login required)

    View Item