PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SENAM SIBUYUNG UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK KELAS III SEKOLAH DASAR NAWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI i KARTIKA KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS


Hery Armono Santoso, 6101408216 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SENAM SIBUYUNG UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK KELAS III SEKOLAH DASAR NAWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI i KARTIKA KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SENAM SIBUYUNG UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK KELAS III SEKOLAH DASAR NAWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI i KARTIKA KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PERMAINAN SENAM SIBUYUNG UNTUK PEMBELAJARAN AKTIVITAS RITMIK KELAS III SEKOLAH DASAR NAWA PENDIDIKAN JASMANI KESEHATAN DAN REKREASI i KARTIKA KECAMATAN KOTA KABUPATEN KUDUS) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Senam sibuyung adalah salah satu alternatif pembelajaran aktivitas ritmik. Guru mengajarkan materi aktivitas ritmik tanpa modifikasi. Minat siswa dalam pembelajaran aktivitas ritmik kurang, permainan yang dimainkan masih monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan produk berupa model pembelajaran aktivitasritmik melalui permainantematikbagi siswa kelas III Sekolah Dasar dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan. Metode pengembangan ini adalah penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan dari Borg & Gall, yaitu: (1) melakukan penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi. (2) Mengembangkan bentuk produk awal (berupa permainan Tematik). (3) Evaluasi para ahli dengan menggunakan satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran. (4) Revisi produk pertama, revisi produk berdasarkan hasil dari evaluasi ahli. (5) Uji coba kelompok kecil (20siswa). (6) Revisi produk kedua.(7) Uji coba lapangan 1 (38siswa) danujicobalapangan 2 (39siswa). (8)Revisi produk akhir. (9)Implementasi hasil akhir pengembangan pembelajaran aktivita sritmik melalui permainan Tematik bagi siswa kelas III SD.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang diperoleh dari evaluasi ahli (satu ahli Penjas dan dua ahli pembelajaran), uji kelompok kecil (10 siswa kelas III SD NU Nawakartika), dan uji coba lapangan (39 siswa kelas III SD NU Nawakartika dan 38 siswa kelas III SD Negeri 3 Manyaran). Data berupa hasil penilaian mengenai kualitas produk, saran untuk perbaikan produk, dan hasil pengisian kuesioner oleh siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif persentase. Dari hasil uji coba diperoleh data evaluasi ahli yaitu, ahli Penjas 66,67% (cukup baik), ahli pembelajaran I 88,00 % (baik), ahli pembelajaran II 85,33%, uji coba kelompok kecil 89,67 % (baik),dan uji coba lapangan 1 93,59 % (sangat baik), uji coba lapangan 2 85,00% (baik). Dari data yang ada dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran aktivitas ritmik melalui permainan Tematik ini layak digunakan bagi siswa kelas III SD NU Nawakartika Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus dan SD N 3 Manyaran Kecamatan Semarang Barat Kabupaten Semarang atas dasar model menyenangkan, aman, alat dapat dimodivikasi lagi, kenaikan persentasi hasil yang signifikan. Berdasarkan hasil penelitian di atas, diharapkan bagi guru Pendidikan Jasmani di Sekolah Dasar untuk menggunakan produk model pembelajaran aktivitas ritmik ini dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan dan hendaknya disesuai dengan kondisi di sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: MODEL PERMAINAN SENAM
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 26 May 2014 13:54
Last Modified: 26 May 2014 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20008

Actions (login required)

View Item View Item