PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN MEDIA JALAN ANAK TANGGA DAN DINGKLIK OGLAK-AGLIK BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG 2012
OKKE PANCA PRASANTI, 6101408230 (2013) PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN MEDIA JALAN ANAK TANGGA DAN DINGKLIK OGLAK-AGLIK BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG 2012. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENINGKATAN PEMBELAJARAN PERMAINAN MEDIA JALAN ANAK TANGGA DAN DINGKLIK OGLAK-AGLIK BAGI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI GAJAHMUNGKUR 02 KOTA SEMARANG 2012 )
- Published Version
Download (3MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan pada penelitian ini, perlu sebuah pemecahan masalah yang sederhana dan kreatif yang dapat dilakukan oleh guru. Satu pemikiran muncul adalah perlu adanya media alternatif dalam proses pembelajaran yang inovatif untuk mengganti permainan jalan anak tangga yang seharusnya menggunakan tangga yang sebenarnya, tetapi dikarenakan tangga yang sebenarnya kurang memfasilitasi pembelajaran, maka pembelajaran dengan permainan pos-posan supaya mencapai tujuan pembelajaran yang dicapai. Berdasarkan permasalahan, maka penulis dalam Penelitian Tindakan Kelas ini menemukan judul penelitian yaitu “bagaimana Proses Pembelajaran Permainan Media Jalan Anak Tangga dan Dingklik Oglak Aglik Bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Gajahmungkur 02 Kota Semarang”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa melalui media pembelajaran permainan media jalan anak tangga dan dingklik oglak aglik bagi siswa kelas IV Sekolah Daar Negeri Gajahmungkur 02 Kota Semarang. Dalam penelitian ini terdiri dari 35 siswa, dengan siswa perempuan 15 anak dan siswa laki-laki 21 anak. Pelaksanaan penelitian siklus 1 yaitu pada tanggal 18 september 2012. Dan pelaksanaan siklus 2 yaitu pada 25 september 2012. Penelitian ini dilaksanakan di halaman Sekolah Dasar Negeri Gajahmungkur 02 Kota Semarang. Data yang didapat pada penelitian ini dengan menggunakan angket. Berdasar hasil penelitian ini pada siklus 1 hasilnya belum nampak dan membutuhkan penelitian perbaikan selanjutnya. Siklus 1 mendapatkan hasil 57% kategori rendah,40% kategori sedang. Sedangkan pada siklus 2 hasil penelitian meningkat, dengan hasil 69% kategori sangat tinggi, 29% masuk pada kategori tinggi, dan 3% masuk dalam kategori sendang. Pembelajaran melalui media permainan jalan anak tangga dan dinngklik oglak aglik dapat memperbaiki proses pembelajaran pada siklus 1 dan 2 sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Permainan jalan anak tangga dan dingklik oglak aglik dapat dipakai sebagai alternatif untuk memperbaiki proses pembelajaran shingga hasilnya meningkat. .
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | permainan media |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 26 May 2014 13:53 |
Last Modified: | 26 May 2014 13:53 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20007 |
Actions (login required)
View Item |