Perubahan Kurikulum dan Ideal Guru Transformatif
Edi Subkhan, - and Nurussa’adah, - Perubahan Kurikulum dan Ideal Guru Transformatif. In: Proceedings Seminar Nasional "Menyosong Kurikulum 2013 dengan Manajemen Pengetahuan dan Penelitian Pembelajaran untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan, 27 Maret 2013, Jakarta.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (2MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum adalah hal penting dalam praktik pendidikan, namun faktor yang juga tidak kalah penting adalah guru. Pro dan kontra mengenai kurikulum 2013 yang melibatkan banyak para pakar dan praktisi pendidikan dapat dikatakan sebagai fakta bahwa bisa jadi ada hal yang belum ideal dan tepat dari desain kurikulum 2013. Terlepas dari isu bagaimana idealnya kurikulum resmi (official curriculum) yang akan dilegitimasi oleh pemerintah tersebut guru berada memiliki peran kunci yang cukup urgen. Artikel ini mengulas secara singkat konsepsi guru ideal sebagai guru transformatif yang mendasarkan gagasan dan praktik pembelajarannya pada riset aksi di kelas (classroom action research). Dengan demikian guru bukan sekadar teknisi dan/atau operator kurikulum yang sudah jadi, melainkan peramu/pengolah pengetahuan dan keterampilan hidup untuk dipelajari bersama di kelas, guru juga peneliti aktif yang sekaligus mengarahkan praktik pembelajarannya ke arah transformasi sosial, bukan sekadar pencapaian presetasi akademik semata.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru, kurikulum, riset aksi, dan transformasi sosial. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Repository Universitas Negeri Semarang |
Date Deposited: | 21 May 2014 16:56 |
Last Modified: | 21 May 2014 16:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/20005 |
Actions (login required)
View Item |