PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI (STUDI TENTANG PELAKSANAAN UU NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK)

Reni Prasetyo , 3401407046 (2013) PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI (STUDI TENTANG PELAKSANAAN UU NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PELAYANAN PUBLIK DI KECAMATAN MARGOYOSO KABUPATEN PATI (STUDI TENTANG PELAKSANAAN UU NO. 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK)) - Published Version
Download (1412Kb)

    Abstract

    Pelayanan publik yang dilakukan oleh pemerintahan yang efektif dapat memperkuat demokrasi dan hak asasi manusia, mempromosikan kemakmuran ekonomi, mengurangi kemiskinan, meningkatkan perlindungan lingkungan, bijak dalam pemanfaatan sumber daya alam, memperdalam kepercayaan pada pemerintahan dan administrasi publik. Dengan demikian pemerintah Kecamatan dituntut untuk dapat melaksanakan pembangunan dengan dukungan organisasi/kelembagaan yang handal dan dapat meningkatkan tuntutan masyarakat tersebut. UU No. 25 Tahun 2009 mengenai pelayanan publik mengatur tentang prinsip-prinsip pemerintahan yang baik yang merupakan efektifitas fungsi-fungsi pemerintahan itu sendiri. Sebagai abdi masyarakat, sudah jelas bahwa tugas utama dari aparatur pemerintah yaitu memberikan kualitas pelayanan yang terbaik kepada masyarakat. Dalam rangka untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dari para aparatur pemerintah, supaya terwujudnya pelayanan publik yang baik (Good Governance) sebagai tujuan dari pendayagunaan aparatur negara. Peningkatan efektifitas pelayanan ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu kemampuan pimpinan, motivasi yang tinggi dari aparat atau pegawai, struktur organisasi yang jelas dan masih banyak faktor lainnya yang dianggap berperan dalam mempengaruhi kinerja aparat. Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat, berbaga sumber daya baru, baik merupakan sumber daya manusia, sumber finansial, maupun sumber daya kelembagaan dalam upaya meningkatkan peranannya di dalam kegiatan sosial ekonomi. Meningkatkan pelayanan kepada masyarakat juga merupakan upaya untuk meningkatkan kesejahtraan masyarakat. Dengan mengoptimalkan kinerja dalam layanan publik secara baik sehingga tidak akan terjadi diskriminasi dan dapat dipahami dengan mudah oleh masyarakat. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa efektifitas pelayanan menjadi perhatian semua perusahaan maupun instansi pemerintahan, hal ini juga terjadi di Kecamatan Margoyoso Kabupaten Pati dalam memberikan pelayanan berdasarkan prosedur yang telah ditetapkan. Dalam rangka untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik dari para aparatur pemerintah, maka pemerintah menerbitkan Undang-Undang No.25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik. Sebagai saran dalam pelaksanaan pelayanan publik Kantor Kecamatan Margoyoso, Pati hendaknya benar-benar konsisten berdasarkan pada peraturan yang berlaku dan memberikan pelayanan yang memuaskan masyarakat melaksanakan tugas agar kinerja pelayanan dapat berjalan lebih baik.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Pelayanan, layanan publik
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    K Law > K Law (General)
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 16 May 2014 09:52
    Last Modified: 16 May 2014 09:52

    Actions (login required)

    View Item