IMPLEMENTASI NILAI – NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GRINGSING BATANG


Rini Yuliana, 3401406555 (2013) IMPLEMENTASI NILAI – NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GRINGSING BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI NILAI – NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GRINGSING BATANG]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI NILAI – NILAI DEMOKRASI DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI SMP NEGERI 3 GRINGSING BATANG) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pendidikan Kewarganegaraan sebagai mata pelajaran pendidikan moral merupakan suatu usaha membimbing perkembangan kepribadian peserta didik yang berlandaskan Pancasila. Pembelajaran PKn diarahkan pada upaya untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai demokrasi yang terwujud dalam bersikap dan bertindak dan dapat ditunjukkan dari beberapa hal antara lain: Toleransi, kerjasama, kebebasan berpendapat, kebebasan berkelompok, menghormati orang lain, kepercayaan diri dan kesadaran akan perbedaan yang berlandaskan Pancasila sebagai dasar negara serta ideologi bangsa dan UUD 1945. Pendidikan Kewarganegaraan perlu mengakomodasi berbagai isu aktual yang menyangkut kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Semua tantangan baru tersebut perlu dipertimbangkan dan diakomodasikan oleh guru dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran PKn di SMP Negeri 3 Gringsing Batang dapat ditunjukkan dari beberapa hal, yaitu: (1) Toleransi, (2) kerjasama, (3) kebebasan berpendapat, (4) kebebasan berkelompok,(5) menghormati orang lain, (6) kepercayaan diri dan (7) kesadaran akan perbedaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang, (2) Apakah faktor-faktor pendorong dan penghambat dalam implementasi nilainilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang dan bagaimana cara mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan yang kurang demokratis. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui lebih jelas bagaimana pelaksanaan atau implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang, (2) Mengetahui lebih jelas faktor-faktor yang menjadi penunjang dan penghambat dalam implementasi nilainilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus penelitian adalah: (1) Bagaimana implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang, (2) Apakah faktor-faktor yang menjadi pendorong dan penghambat dalam imlementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang dan bagaimana cara mengatasi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang kurang demokratis. Metode yang di gunakan untuk proses pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara (interview), pengamatan (observation), dokumentasi dan studi pustaka. Analisis data dilakukan secara induktif, yaitu dimulai dari lapangan atau fakta empiris dengan cara terjun kelapangan, mempelajari fenomena yang ada dilapangan. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi nilainilai demokrasi pembelajaran PKn di SMP Negeri 3 Gringsing Batang telah dilaksanakan dengan baik berkat kerjasama antara siswa dengan pendidik yang diwujudkan dalam nilai-nilai demokrasi, yaitu: (1) Toleransi, (2) kerjasama, (3)kebebasan berpendapat, (4) kebebasan berkelompok, (5) menghormati orang lain, (6) kepercayaan diri dan (7) kesadaran akan perbedaan. Faktor pendorong implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang diantaranya : (1) Kurikulum, (2) Sarana dan Prasarana, (3) Budaya Sekolah yang menganut pada budaya disiplin dan (4) Kepemimpinan. Faktor penghambat implementasi nilai-nilai demokrasi dalam pembelajaran Pendidikan kewarganegaraan di SMP Negeri 3 Gringsing Batang diantaranya : (1) Dukungan orangtua, (2) Lingkungan masyarakat, (3) Keterbatasan biaya dan (4) Perbedaan individual. Saran yang dapat peneliti berikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah: (1) Proses pembelajaran hendaknya dilaksanakan dengan menggunakan metode pembelajaran maupun media pembelajaran yang bervariasi sehingga siswa tertarik dan tidak jenuh dalam mengikuti pembelajaran PKn. (2) Guru PKn selama pembelajaran perlu memberi kesempatan kepada siswa yang belum aktif untuk berpartisipasi dalam kerja kelomok maupun diskusi kelompok, menumbuhkan keberanian siswa untuk berani tampil didepan dan (3) Orang tua hendaknya lebih memberikan perhatian kepada putra putrinya baik di rumah maupun di sekolah. Bentuk dukungan serta perhatian orang tua kepada putra putrinya antara lain dengan membimbing serta mengajarkan sikap menghargai/ menghargai anggota keluarga, toleransi, serta tanggung jawab, Keberhasilan dalam menerapkan nilainilai demokrasi dalam pembelajaran PKn tidak terlepas dari peran orang tua dalam memberikan perhatian kepada para siswa. (4) Sekolah perlu menjalin kerjasama dengan orang tua dalam upaya pengadaan fasilitas belajar yang memadai, dengan ketersediaan ruangan penunjang pelaksanaan pembelajaran yang lebih memadai, pembelajaran PKn dapat berjalan lebih efektif dan efesien tanpa mengganggu pembelajaran di kelas lain.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Demokrasi, Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 May 2014 13:37
Last Modified: 16 May 2014 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19998

Actions (login required)

View Item View Item