ANALISIS ISI (CONTENT ANALYSIS) PADA BUKU TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP

Arif Kristiyono , 3301409114 (2013) ANALISIS ISI (CONTENT ANALYSIS) PADA BUKU TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (ANALISIS ISI (CONTENT ANALYSIS) PADA BUKU TEKS MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS VII SMP) - Published Version
Download (928Kb)

    Abstract

    Keberadaan buku teks sangat diperlukan dalam proses pembelajaran. Selain sebagai bahan yang berisi materi pelajaran, buku teks digunakan sebagai acuan dalam mencapai tujuan belajar. Bagi guru, selain sebagai buku pegangan, buku teks juga digunakan sebagai alat untuk memantau seberapa jauh ketercapaian siswa dalam mengikuti pelajaran, sedangkan bagi siswa buku teks dapat diajadikan teman belajar ketika tidak sedang berada dalam lingkungan kelas. Sebab keterbatasan waktu tatap muka membuat siswa harus berupaya memperkaya pengetahuan melalui berbagai sumber. Salah satunya melalui buku teks. Oleh karena itu, mengingat pentingnya perana buku teks, hendaknya setiap buku teks harus memenuhi kriteria yang sesuai dengan standar dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melakukan analisi isi dan megetahui sejauh mana isi yang terkandung pada buku teks PKn kelas VII SMP yang disusun oleh Tim Abdi Guru tahun 2006 sesuai dengan keilmuan dan tujuan PKn yang meliputi Civic Knowledge, Civic Skills, dan Civic Disposition dalam mewujudkan warga Negara yang cerdas, terampil, dan berkarakter yang diamanatkan Pancasila dan UUD 1945. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode Analisis Isi (Content Analysis) kulalitatif dengan dukungan data kuantitaif.Data kuantitatif berupa perbandingan setiap indikator yang menghasilkan presentase digunakan untuk memperkuat data kualitatif dalam analisis ini. Sehingga Analisis Isi (Content Analysis) ini memperoleh hasil yang mendalam. Objek penelitian ini adalah buku teks PKn Kelas VII SMP yang disusun oleh Tim Abdi Guru tahun 2006.Fokus penelitian atau unit analisis adalah kandungan isi yang ada pada buku teks PKn kelas VII SMP yang disusun oleh Tim Abdi Guru terbitan Erlangga yaitu pada Kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi standar kompetensi dan kompetensi dasar, dan pendidikan karakter yang meliputi Civic Knowledge, Civic Skill, dan Civic Disposition.. Analisis ini dihitung berdasarkan jumlah paragraf yang tersedia dalam buku teks. Jumlah halaman untuk masing masing bab adalah 22%, 29,5%, 29,5%, dan 19%. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan persebarannya merata. Namun pada bagian subbab untuk setiap babbnya terdapat bagian yang jumlah halamannya terlalu banyak dibandingkan dengan subbab yang lain. Hasil analisis untuk masing-masing subbab dibandingkan dengan jumlah halaman yang tersedia dalam buku teks memperoleh hasil yang berbeda dan tidak merata. Bab III yang memiliki prosentase sebesar 64%, 14%, 11%, dan 11%. . Subbab pertama pada bab III memiliki jumlah materi yang jumlahnya jauh dari jumlah materi yang lain. Perbedaan jumlah materinya tiga kali lipat dari jumlah yang lain pada bab ini. Hasil tersebut berbeda jauh dengan bab yang lain yang cukup merata Hasil untuk yang lain untuk bab II dan IV masing-masing sebesar 25%, 22%, 39%, 14% dan 22%, 35%, 43%. Analisis yang berikutnya yaitu pada aspek Civic Knowledge, Civic Skill dan Civic Disposition. Civic Knowledge pada buku teks ini memenuhi materi yang ditetapkan pada Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah, pada Pasal 1 ayat 1 dinyatakan bahwa substansi pendidikan kewarganegaraan tercantum dalam standar isi. Begitu pula untuk Civic Skill yang memperoleh hasil masing-masing adalah mengidentifikasi 11%, menjelaskan 14%, mempertahankan pendapat 29%, menggambarkan 19%, menganalisis 19%, mengambil penndapat 8% pada unsur intelektual. Unsur partisipasi dan Civic Disposition belum tersedia dalam buku teks yang disusun oleh Tim Abdi Guru tahun 2006. Beberapa kekurangan dalam buku teks ini terdapat jumlah materi yang terlalu banyak pada bab III subbab pertama yang jauh melebihi jumlah subbab yang lain. Selain itu ketidakmerataan jumlah ketersediaan aktivitas maupun aspek pengetahuan, keterampilan, karakter, dan dua kesalahan berupa ketidaksesuaian contoh gambar dan teks proklamasi juga terdapat dalam buku teks ini perlu mendapat perhatian dari penyusun. Jumlah masing-masing materi dan aktivitas hendaknya lebih merata. Gambar yang digunakan sebagai contoh hendaknya juga lebih dicermati pemilihannya. Hal ini dilakukan agar lebih mudah dipahami oleh siswa. Begitu pula dengan kesalahan penulisan teks proklamasi yang memerlukan perhatian yang lebih cermat. Sebab berhubungan dengan keaslian teks maupun sumber yang digunakan. Hal ini dilakukan agar terjamin keaslian isi teks proklamasi tersebut.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Analisis Isi (Content Analysis), Buku Teks, PKn
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 29 Apr 2014 10:25
    Last Modified: 29 Apr 2014 10:25

    Actions (login required)

    View Item