PERAN RADIO SWASTA (PAS FM PATI) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus Tujuh Belas Tk Di Kabupaten Pati)


Khoridatul Anisah , 3301409109 (2013) PERAN RADIO SWASTA (PAS FM PATI) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus Tujuh Belas Tk Di Kabupaten Pati). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN RADIO SWASTA (PAS FM PATI) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus Tujuh Belas Tk Di Kabupaten Pati)]
Preview
PDF (PERAN RADIO SWASTA (PAS FM PATI) DALAM PENDIDIKAN KARAKTER ANAK (Studi Kasus Tujuh Belas Tk Di Kabupaten Pati)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Radio merupakan salah satu media komunikasi yang memiliki fungsi informasi, hiburan maupun pendidikan yang mempunyai kelebihan tersendiri dibanding dengan media lainnya baik cetak maupun elektronik pada zamannya. Fungsi seperti itulah yang dipandang mempunyai peran yang sangat besar terhadap kemajuan pendidikan di negara kita. Dunia pendidikan selalu menuntut sesuatu yang baru, informasi yang aktual sesuai dengan tuntutan dunia pendidikan. Radio merupakan sumber ajar yang ekonomis, menyenangkan dan dapat berfungsi sebagai media pembelajaran untuk belajar mandiri yang mudah disiapkan. Pendidikan merupakan upaya yang dapat mempercepat pengembangan potensi manusia dan dapat mempengaruhi perkembangan fisik, mental, emosional serta kepribadian atau karakter manusia. Anak yang berkarakter merupakan anak yang memiliki kualitas moral yang positif. Dengan demikian, pendidikan karakter anak mengandung arti membangun pola perilaku anak yang didasari dengan dimensi moral yang positif. Pendidikan karakter anak sebaiknya diberikan sejak dini, karena pada usia tersebut perkembangan anak mengalami peningkatan yang pesat dan anak mulai sensitif menerima berbagai upaya untuk mengembangkan seluruh potensi yang ada pada dirinya. Proses pembangunan karakter pada seseorang dipengaruhi oleh faktor-faktor khas yang ada pada diri orang yang bersangkutan yaitu faktor bawaan dan faktor lingkungan. Pembentukan karakter tidak bisa dipisahkan dari kehidupan. Oleh karena itu diperlukan kepedulian dari berbagai pihak baik pemerintah, sekolah, masyarakat, maupun keluarga. Dengan adanya radio sebagai media edukasi, memiliki pengaruh yang kuat dalam menyiarkan program-program yang dapat mendukung pendidikan karakter anak. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana peran radio PAS FM Pati dalam pendidikan karakter anak?, 2) Sejauh mana daya jangkau program siaran terhadap anak?, 3) Faktor apa yang menghambat radio PAS FM Pati dalam menyiarkan program yang bermuatan pendidikan karakter anak?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui peran radio PAS FM Pati dalam pendidikan karakter anak, 2) Untuk mengetahui daya jangkau program siaran terhadap anak, 3) Untuk mengetahui faktor yang menghambat radio PAS FM Pati dalam menyiarkan program yang bermuatan pendidikan karakter anak. Pendekatan penelitian dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di Radio PAS FM Pati yang berlokasi di Jalan Raya Pati- Kudus Km. 3 Pati. Teknik pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam rangka membuktikan kesesuaian data penelitian dengan kenyataan di lapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi dengan membandingkan data hasil wawancara dengan data hasil pengamatan, membandingkan apa yang dikatakan penata program dan penyiar program dengan pengamatan saat pelaksanaan program penyiaran berlangsung. Teknis analisis data menggunakan model analisis interaktif dengan langkah analisis mulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran radio PAS FM Pati dalam pendidikan karakter anak terlihat melalui siaran program acara Dunia Anak serta Ruang Ibu dan Anak. Program Dunia Anak berisi tentang siaran yang diikuti anak-anak TK seperti bernyanyi, bercerita, berdo’a, mendengarkan dongeng, serta belajar menjadi pemandu acara program tersebut. Program Dunia Anak tersebut di dalamnya mengandung nilai-nilai karakter yang berupa pesan-pesan seperti nilai religius, kepemimpinan, percaya diri, mandiri, kreatif, disiplin, hormat dan santun. Sedangkan program acara Ruang Ibu dan Anak berisi tentang berbagai informasi mengenai cara mendidik anak, tumbuh kembang anak serta informasi-informasi lain yang berkaitan dengan penanaman pendidikan karakter anak. Acara tersebut tidak diikuti langsung oleh anak-anak namun ditujukan pada orang tua terutama para ibu. Melalui acara tersebut para ibu mendapatkan informasi yang dapat dijadikan sebagai bahan pengetahuan dalam mendidik anak serta dalam memberikan pendidikan karakter bagi anak. Daya jangkau program siaran terhadap anak kurang maksimal saat acara disiarkan secara live karena anak tidak bisa mendengarkan keseluruhan isi siaran yang disebabkan ruang terpisah antara penyiar dan anak-anak. Sedangkan daya jangkau program Ruang Ibu dan Anak dapat dilihat dari banyaknya orang tua yang berkonsultasi dalam acara tersebut. Semakin banyak yang berkonsultasi menandakan acara tersebut banyak diminati dan menjadikan daya jangkau program siaran semakin luas. Hambatan yang dihadapi radio PAS FM Pati dalam menyiarkan program yang bermuatan pendidikan karakter antara lain sebagai berikut. Program siaran hanya sekilas dengar yang mengakibatkan informasi yang disampaikan penyiar mudah hilang dari ingatan, sulitnya mengkondisikan anak-anak ketika melakukan proses rekaman, sebagian anak masih pasif yang disebabkan rasa kurang percaya diri, malu, dan takut dalam mengikuti proses siaran, dan adanya gangguan teknis dari alam yang dapat menyebabkan kerusakan pada satelit radio sehingga mengakibatkan penerimaan suara yang tidak jelas. Saran yang dapat penulis sampaikan: 1) Kepada pihak radio PAS FM Pati hendaknya menyesuaikan jadwal siaran untuk program Dunia Anak agar disiarkan diwaktu yang tepat bukan diwaktu anak-anak bermain atau menonton tv dan program Ruang Ibu dan Anak sebaiknya disiarkan bukan saat jam sibuk kerja dan penyiar harus mampu memberikan inovasi baru guna mendapatkan produksi paket siaran radio yang bernuansa pendidikan lebih menarik dan lebih berkualitas, 2) Kepada guru, diperlukan usaha koordinasi dengan seluruh elemen pendidik anak dalam rangka melakukan pemantauan terhadap perkembangan peserta didiknya melalui pelaksanaan kegiatan siaran radio, 3) Kepada orang tua, perlu meningkatkan pengawasan terhadap anak agar terhindar dampak negatif dari adanya perkembangan tekhnologi yang semakin maju dan berkembang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Radio Swasta, Pendidikan Karakter Anak
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2014 14:14
Last Modified: 29 Apr 2014 14:14
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19990

Actions (login required)

View Item View Item