PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM “GREEN ENVIRONMENT” DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG


NINA SETIYANI , 3301409101 (2013) PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM “GREEN ENVIRONMENT” DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM “GREEN ENVIRONMENT” DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM “GREEN ENVIRONMENT” DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah proses pembudayaan dan pemberdayaan nilai-nilai luhur dalam lingkungan satuan pendidikan, lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. Pendidikan karakter tidak hanya sekedar mentransfer ilmu atau suatu keterampilan tertentu, tetapi perlu adanya proses, contoh teladan, dan pembiasaan dalam lingkungannya. Karakter peduli lingkungan adalah sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi. Dimana kita tahu bahwa kondisi alam di Indonesia ini sudah banyak berubah karena adanya eksploitasi alam berlebihan. Dengan adanya pendidikan karakter peduli lingkungan diharapkan dapat merubah pemikiran dan perilaku manusia untuk lebih melestarikan alam. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini meliputi: (1) bagaimana pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Green Environment di SMP Alam Ar-Ridho? (2) apa saja hambatan dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli lingkungan melalui Program Green Environment di SMP Alam Ar-Ridho Kota Semarang? (3) bagaimana solusi untuk mengatasi hambatan yang terjadi dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Green Environment? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Alam Ar-Ridho Kota Semarang, yang beralamat di Jl. Kelapa Sawit I Blok AA Bukit Kencana Jaya, Tembalang, Semarang. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk mengecek keabsahan data dalam rangka membuktikan kesesuaian data penelitian dengan kenyataan di lapangan, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan kegiatan Pendidikan Karakter Peduli lingkungan melalui Program Green environment dilaksanakan dengan strategi tranformasi budaya sekolah dan pembiasaan melalui tiga kegiatan yaitu kegiatan rutin, terprogram, dan kegiatan spontan. Kegiatan Pendidikan Karakter Peduli lingkungan ini dilaksanakan oleh Pihak SMP Alam Ar-Ridho dan bekerjasama dengan pihak lain. Hambatan yang dihadapai dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli lingkungan ini adalah sulitnya mengkondisikan siswa, masih banyak siswa yang tidak mau melaksanakan kegiatan dengan baik dengan alasan jijik atau bermalas-malasan serta keterbatasan alat dan bahan yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan. Untuk hambatan dari luar adalah ketidakaktifan keluarga dan masyarakat dalam ikut memberikan pendidikan Karakter Peduli lingkungan pada anak. Solusi dalam mengatasi hambatan pelaksanaan pendidikan Karakter Peduli lingkungan melalui Program Green Environment di SMP Alam Ar-Ridho di antaranya adalah memberikan contoh pada siswa yang tidak bisa melakukan tugas dalam kegiatan tersebut, sedangkan untuk siswa yang bermalas-malasan maka guru memberikan hukuman berupa tugas tambahan maupun sanksi, memperbesar anggaran dan bekerjasama dengan pihak lain dalam pengadaan alat dan bahan, serta memberikan pengarahan berupa penyuluhan kepada keluarga dan masyarakat agar ikut berperan aktif dalam memberikan pendidikan Karkater Peduli Lingkungan kepada anak. Saran yang dapat penulis sampaikan adalah sebagai berikut: (1) hendaknya SMP Alam Ar-Ridho tetap mempertahankan Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan melalui Program Green Environment sebagai sarana mendidik karakter peduli lingkungan bagi anak-anak penerus bangsa. (2) dalam kegiatan peduli lingkungan lebih memperbanyak melakukan kegiatan di luar lingkungan SMP Alam Ar-Ridho yang lebih banyak melibatkan masyarakat, sehingga Pendidikan karakter Peduli lingkungan tidak hanya diajarkan kepada siswa SMP Alam Ar-Ridho saja tetapi juga masyarakat agar lebih aktif dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter Peduli lingkungan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Peduli Lingkungan, Green Environment
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 29 Apr 2014 14:03
Last Modified: 29 Apr 2014 14:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19988

Actions (login required)

View Item View Item