PERAN PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK (PSPA) SATRIA BATURADEN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK


Fitri Dwi Setyaningsih , 3301409085 (2013) PERAN PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK (PSPA) SATRIA BATURADEN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERAN PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK (PSPA) SATRIA BATURADEN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK]
Preview
PDF (PERAN PANTI SOSIAL PETIRAHAN ANAK (PSPA) SATRIA BATURADEN DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN ANAK) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Anak adalah generasi penerus bangsa dan merupakan sumber daya manusia dalam pembangunan nasional, tetapi masih banyak sekali anak-anak yang mengalami masalah tingkah laku sehingga keluarga gagal menjalankan fungsinya.Oleh karena itu perlindungan dan kesejahteraan hak-hak anak juga menjadi tanggung jawab pemerintah. Pemerintah mendirikan lembaga sosial kesejahteraan anak yaitu Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak yang mengalami masalah perilaku dan hambatan penyesuaian diri agar anak dapat tumbuh berkembang secara wajar baik di keluarga, sekolah maupun masyarakat. Permasalahan utama penelitian ini adalah (1) Bagaimana peran Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak yang mengalami hambatan sosial, (2) apa saja hambatan-hambatan bagi Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak dan bagaimana cara mengatasinya, dan (3) bagaimana keberhasilan peran Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak, (2) untuk mengetahui apa saja hambatan-hambatan bagi Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak dan bagaimana cara mengatasinya, dan (3) untuk mengetahui keberhasilan peran Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif.Lokasi penelitian di Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria di Baturaden.Sumber data penelitian meliputi data primer yang didapatkan dari wawancara dengan responden dan observasi.Data sekunder adalah data yang didapatkan dari dokumen yang ada di Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam mendukung analisis data.Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi.Validitas data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu (1) membandingkan hasil pengamatan dan hasil wawancara, (2) membandingkan keadaan perspektif orang dengan berbagai pendapat dan pandangan orang, dan (3) membandingkan hasil wawancara dengan dokumen yang terkait.Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu tahap pegumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Peran Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak cukup baik dengan memberikan bimbingan-bimbingan kepada anak-anak yang bermasalah sehingga anak dapat mengembangkan kepribadiannya menjadi anak yang mandiri, percaya diri, bertanggung jawab dan disiplin. Hambatan yang dihadapi oleh PSPA Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak yaitu: (1) perkembangan anak berbeda, (2) sifat tertutup, (3) Pelayanan petirahan anak berlangsung singkat hanya kurang lebih 1 bulan, (4) sarana dan prasarana yang kurang memadai. Upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut yaitu (1) melakukan pendekatan dengan anak meggunakan metode kasih sayang agar anak dapat membuka dirinya kepada orang lain, (2) tidak menyeragamkan semua anak dalam pemberian bimbingan, (3) memberikan follow up kepada orang tua dalam rangka memberikan peguatan positif kepada anak, dan (4) melengkapi sarana dan prasarana yang belum ada dengan mengalokasikan dana PSPA. Keberhasilan peran Panti Sosial Petirahan Anak Satria Baturaden dalam pembentukan kepribadian anak memang belum berjalan lancar, tapi bermanfaat bagi anak agar dapat menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.Selama di Panti Sosial Petirahan Anak (PSPA) Satria Baturaden anak menunjukan sikap disiplin, mandiri, percaya diri dan bertanggung jawab. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Panti Sosial Petirahan Anak Satria Baturaden diharapkan agar cara yang ditempuh dalam bimbingan mental, sosial, belajar, ketrampilan, fisik dan lingkungan terhadap anak-anak petirah dapat ditingkatkan. Selain itu kerja sama dengan mitra kerja PSPA Satria Baturaden terus ditingkatkan, (2) penerima manfaat di PSPA Satria Baturaden diharapkan agar menerapkan kebiasaan hidup berdisiplin, mandiri, bertanggung jawab dalam kehidupan sehari-hari, (3) orang tua anak petirah diharapkan agar lebih memperhatikan dan mengawasi anak serta memberikan penguatan-penguatan positif kepada anak agar anak menerapkan pola perilaku yang baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: anak, kepribadian anak, peran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2014 18:26
Last Modified: 28 Apr 2014 18:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19984

Actions (login required)

View Item View Item