PERANAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU POLITIK BERKENAAN DENGAN PILKADA JAWA TENGAH TAHUN 2013


Maezi Ikhna Priyanti, 3301409076 (2013) PERANAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU POLITIK BERKENAAN DENGAN PILKADA JAWA TENGAH TAHUN 2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU POLITIK BERKENAAN DENGAN PILKADA JAWA TENGAH TAHUN 2013]
Preview
PDF (PERANAN MEDIA TELEVISI DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU POLITIK BERKENAAN DENGAN PILKADA JAWA TENGAH TAHUN 2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Politik sangat erat hubungannya dengan media, karena salah satu tujuan media yakni untuk membentuk perilaku mengenai berbagai hal, terutama hal politik. Televisi merupakan salah satu media komunikasi yang memiliki fungsi informasi, hiburan, penerangan, maupun pendidikan yang mempunyai kelebihan tersendiri dibanding media lain baik cetak maupun elektronik hingga saat ini. Fungsi seperti itulah yang dipandang mempunyai peran yang sangat penting terhadap pembentukan perilaku politik seseorang/individu karena efek suara dan bentuk gambarnya secara nyata dapat disaksikan mata pemirsa di rumah. Dengan memiliki perilaku politik, warga masyarakat akan mengetahui kedudukan, hak dan kewajibannya selaku warga negara sekaligus mempunyai perasaan ikut memiliki dan bertanggungjawab terhadap kelangsungan hidup dan pembangunan bangsanya. Dengan adanya televisi sebagai media pendidikan dan informasi, memiliki pengaruh yang kuat dalam membentuk pola pikir dan perilaku politik mahasiswa agar menjadi peduli dan aktif. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1) tayangan apa saja yang memuat berita Pilkada Jawa Tengah tahun 2013?, 2) bagaimana minat mahasiswa terhadap tayangan tersebut?, 3) sejauh mana tayangan tersebut mempengaruhi perilaku politik mahasiswa?. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Fokus penelitian ini adalah tayangan apa saja yang memuat berita Pilkada Jawa Tengah tahun 2013, bagaimana minat mahasiswa terhadap tayangan tersebut, sejauh mana tayangan tersebut mempengaruhi perilaku politik mahasiswa Jurusan PKn angkatan 2011-2012 Universitas Negeri Semarang. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah mahasiswa . Sumber data sekundernya adalah dokumentasi dan buku, arsip dan dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Untuk mendapatkan validitas data dalam penelitian ini, peneliti menggunakan teknik triangulasi sumber sebagai teknik pemeriksaan data. Dalam penelitian ini analisis yang digunakan bersifat deskriptif analisis yang dilakukan dengan 4 tahap antara lain (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, dan (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tayangan yang memuat berita Pilkada Jateng tahun 2013 yaitu tayangan Debat Kandidat di TV One, Kompas TV dan Metro TV. KPU Jawa Tengah menggelar Debat Kandidat pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah 2013-2018 sebanyak tiga kali pada masa kampanye 8 sampai dengan 22 Mei. Kedua adalah tayangan Jateng Hari Ini di Pro TV Semarang dan Warta Jateng di TVRI Jawa Tengah. Tayangan tersebut tayang setiap hari pukul 16.00 WIB. Ketiga adalah Apa Kabar Indonesia di TV One. Keempat adalah Headline News di Metro TV yang merupakan berita yang tayang setiap hari setiap satu jam sekali. Minat mahasiswa terhadap tayangan tersebut berikut kriterianya: kriteria sangat tinggi 6,7 % sebanyak 2 mahasiswa, tinggi 56,7 % sebanyak 17 mahasiswa, cukup tinggi 33,3 % sebanyak 10 mahasiswa, kemudian kriteria rendah 3,3 % sebanyak 1 mahasiswa dan kriteria sangat rendah terdapat 0%. Berdasarkan hasil dari perhitungan Statistik Deskriptif, maka dapat dikatakan bahwa minat mahasiswa terhadap tayangan yang memuat Pilkada Jawa Tengah adalah sebesar 73,58 %. Jika angka ini dianalisa dengan kriteria minat mahasiswa, maka minat mahasiswa terhadap tayangan yang memuat berita Pilkada tahun 2013 termasuk kriteria Tinggi. Pengaruh tayangan tersebut terhadap perilaku politik mahasiswa dapat dilihat dari sikap dalam menanggapi adanya Pilkada Jateng, keputusan untuk memilih, mempengaruhi pilihan orang lain, ketertarikan terhadap visi-misi dan program dari Cagub tertentu, ketertarikan untuk mengikuti kampanye, ketertarikan menjadi tim sukses, ketertarikan menjadi pemantau Pilkada dan keikutsertaan dalam Pilkada.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Peran Media Televisi, Pembentukan Perilaku Politik
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 Apr 2014 18:18
Last Modified: 28 Apr 2014 18:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19982

Actions (login required)

View Item View Item