PENANAMAN NILAI TANGGUNGJAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 13 SEMARANG


Penny Trianawati, 3301409041 (2013) PENANAMAN NILAI TANGGUNGJAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 13 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENANAMAN NILAI TANGGUNGJAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 13 SEMARANG]
Preview
PDF (PENANAMAN NILAI TANGGUNGJAWAB MELALUI EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DI SMP NEGERI 13 SEMARANG) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Tanggungjawab merupakan sikap dan perilaku yang penting dalam kehidupan karena dengan adanya tanggungjawab seseorang akan berhati-hati dalam melakukan suatu perbuatan, sehingga perbuatan yang dilakukannya akan bernilai positif baik bagi dirinya maupun bagi orang lain. Pramuka dapat dijadikan sebagai wadah penanaman nilai karakter bangsa, Sikap dan perbuatan tanggungjawab dalam kepramukaan tercantum jelas dalam Dasa Darma pramuka ke sembilan yaitu pramuka itu bertanggungjawab dan dapat dipercaya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Macam-macam tanggungjawab apakah yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang?, (2) Metode penanaman bagaimanakah yang digunakan untuk menanamkan nilai tanggungjawab melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang?, (3) Apakah faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam penanaman nilai tanggungjawab melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang?. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk mengetahui macam-macam tanggungjawab yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang, (2) Untuk mengetahui metode penanaman nilai tanggungjawab melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang, (3) Untuk mengetahui faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat yang dihadapi dalam penanaman nilai tanggungjawab melalui ekstrakurikuler kepramukaan di SMP Negeri 13 Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk menjamin kebenaran dan keabsahan data yang dikumpulkan dalam penelitan ini maka diperlukan adanya validitas data yaitu menggunakan teknik triangulasi. Sumber dan teknik analisis datanya adalah dengan teknik analisis interaktif yang meliputi empat langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam tanggungjawab yang ditanamkan adalah (a) tanggungjawab terhadap diri sendiri (menjaga kesehatan, menjaga kebersihan diri dan tidak melupakan belajar) (b) tanggungjawab terhadap orang lain (mengerjakan tugas yang diberikan, menjalankan hukuman yang diterima dan meminta ijin ketika tidak berangkat kegiatan pramuka) (c) tanggungjawab terhadap alam (tidak membuang sampah sembarangan, menanam penghijauan dan bakti lingkungan) (d) tanggungjawab terhadap Tuhan Yang Maha Esa (berdoa dan menjalankan ibadah). Metode yang digunakan untuk menanamkan tanggungjawab adalah dengan metode penjernihan nilai (pemberian nasihat, pemberian hukuman dan pemberian penghargaan/reward), metode keteladanan (keteladanan pembina), metode siswa aktif (pemberian tugas dan pencapaian SKU dan SKK). Faktor pendukungnya adalah sikap, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki oleh pembina, kesadaran dan motivasi diri siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler pramuka, dana, sarana dan prasarana yang menunjang kegiatan, dukungan dari orangtua siswa dan dukungan dari masyarakat sekitar, sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya minat siswa dalam kegiatan pramuka, pengaruh dari teman yang mengajak siswa untuk membolos serta faktor cuaca. Saran yang dapat diajukan peneliti adalah bagi pembina, melakukan kontrol dan pendekatan kepada siswa yang kurang disiplin dan bertanggungjawab untuk diarahkan agar siswa menjadi lebih aktif, meningkatkan perhatian kepada siswa dengan pemberian motivasi dan pengembangan kegiatan yang lebih menarik untuk menarik minat siswa. Bagi siswa, perlunya memiliki kesadaran dan keikhlasan dalam diri sehingga dapat mengikuti kegiatan tanpa adanya rasa terpaksa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: karakter, tanggungjawab, kepramukaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2014 13:26
Last Modified: 25 Apr 2014 13:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19976

Actions (login required)

View Item View Item