AKTIVITAS SISWA DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Aditya Noviyanto , 3210408082 (2013) AKTIVITAS SISWA DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of AKTIVITAS SISWA DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (AKTIVITAS SISWA DALAM PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INKUIRI PADA MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI 1 MAGELANG TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (534kB) | Preview

Abstract

Pada hasil observasi pertama dan observasi saat bertugas sebagai guru Pratik Pengalaman Lapangan (PPL) di SMP Negeri 1 Magelang, bahwa pengajaran IPS di SMP Negeri 1 Magelang sudah menggunakan metode inkuiri selama dua tahun yaitu sejak tahun 2010 sampai sekarang. Hasil pembelajaran SMP N 1 Magelang khususnya pelajaran IPS kelas VIII memiliki rata-rata nilai semesteran tahun ajaran 2012/2013 sebesar 8,41 saat menggunakan metode inkuiri dan yang menggunakan metode CTL sebesar 7,87. Berdasarkan hal tersebut muncul permasalahan sejauh mana aktivitas siswa dalam penerapan metode pembelajaran inkuiri di SMP N 1 Magelang. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP N 1 Magelang dengan jumlah 287 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan tehnik random sampling, sejumlah 30 siswa diambil sebagai sampel. Variabel penelitian adalah orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis, merumuskan kesimpulan. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan mean. Berdasarkan hasil penelitian sub variabel orientasi termasuk dalam kriteria “cukup baik” dengan perhitungan mean 8,84 dengan persentase 56,67%. Merumuskan masalah termasuk kriteria “cukup aktif” dengan rata-rata 12,21 persentase 63,33%. Merumuskan hipotesis termasuk dalam kriteria “cukup aktif” dengan rata-rata 9 persentase 53,33%. Mengumpulkan data termasuk dalam kriteria “ cukup aktif” dengan rata-rata 12,85 persentase sebesar 46,67%. Menguji hipotesis termasuk dalam kriteria “cukup aktif” dengan rata-rata 9,08 persentase 76,67%. Merumuskan kesimpulan termasuk dalam kriteria “aktif” dengan ratarata 10,4 persentase 50%. Aktivitas siswa dalam penerapan metode inkuiri variabel aktivitas siswa dalam pembelajaran inkuiri dapat disimpulkan termasuk dalam kriteria “cukup aktif”. karena dari ke-enam sub variabel 5 diantaranya orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis termasuk dalam kriteria “cukup aktif”. Siswa harus memperhatikan saat guru menjelaskan agar siswa dapat memahami proses pembelajaran inkuiri. Siswa diharapakan berani bertanya jika tidak menegrti agar siswa mudah memahami konsep-konsep yang dipelajari. Saat berdiskusi memberi tanggapan dan berani mengemukakan pendapatnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Siswa, Metode Inkuiri
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2014 16:38
Last Modified: 16 Apr 2014 16:38
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19952

Actions (login required)

View Item View Item