PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KARAKTER DAN KEBENCANAAN SEBAGAI BAHAN AJAR IPS KELAS VIII MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN KABUPATEN SEMARANG


Himmatul Amanah, 3201409097 (2013) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KARAKTER DAN KEBENCANAAN SEBAGAI BAHAN AJAR IPS KELAS VIII MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KARAKTER DAN KEBENCANAAN SEBAGAI BAHAN AJAR IPS KELAS VIII MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KARAKTER DAN KEBENCANAAN SEBAGAI BAHAN AJAR IPS KELAS VIII MATERI LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (15MB) | Preview

Abstract

Pengembangan Lembar Kerja Siswa yang dipadukan dengan prinsipprinsip karakter dan kebencanaan diharapkan dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam belajar dan penggunaannya dalam pembelajaran IPS dapat membantu guru untuk membentuk karakter siswa dan rasa peduli terhadap bencana yang terjadi di sekitar mereka. Disamping itu LKS juga diharapkan dapat mengembangkan ketrampilan proses, meningkatkan aktifitas siswa dan dapat mengoptimalkan hasil belajar. Pengembangan LKS oleh guru dirasa sangat penting untuk meningkatankan kualitas pendidikan di Indonesia. Melihat pada tingkat SMP, dibutuhkan keaktifan siswa dalam pendalaman materi, dengan pengembangan LKS yang dirancang secara inovatif dan menarik minat belajar siswa maka akan meningkatkan partisipasi dan pemahaman siswa dalam materi yang disampaikan. Tujuan penelitian ini adalah: “Untuk menghasilkan LKS berbasis karakter dan kebecanaan materi pelajaran Lingkungan Hidup yang sesuai standar BSNP dan layak digunakan dalam proses belajar mengajar IPS kelas VIII di SMP Negeri Kabupaten Semarang”. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (Reseacrh and Development/R&D). Metode penelitian dan pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Penelitian ini mempunyai subyek penelitian yaitu LKS di SMPN 1 Ungaran, LKS di SMPN 2 Ungaran, LKS di SMPN 3 Ungaran dan LKS di SMPN 4 Ungaran. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen penelitian yang dikembangkan peneliti berpedoman pada instrumen BSNP. Instrumen penelitian ini meliputi: angket penilaian LKS berbasis karakter dan kebencanaan untuk dosen, angket penilaian LKS berbasis karakter dan kebencanaan untuk guru, angket penilaian LKS berbasis karakter dan kebencanaan untuk siswa. Data penelitian dianalisis dengan teknik deskriptif persentase. Penelitian ini menghasilkan LKS berbasis karakter dan kebecanaan materi pelajaran Lingkungan Hidup yang sesuai standar BNSP untuk proses belajar mengajar IPS kelas VIII di SMP Negeri Kabupaten Semarang. Dari keseluruhan uji coba pada tim ahli (expert), guru, dan siswa dapat ditarik kesimpulan bahwa LKS berbasis karakter dan kebencanaan layak digunakan dalam sistem pembelajaran dengan rincian sebagai berikut: (1) LKS berbasis karakter dan kebencanaan yang dibuat oleh peneliti dinyatakan layak dengan persentase ratarata dari tim ahli (expert) sebesar 84.57%, (2) LKS berbasis karakter dan kebencanaan yang dibuat oleh peneliti dinyatakan layak dengan persentase ratarata dari guru sebesar 86.58%. (3) LKS berbasis karakter dan kebencanaan yang dibuat oleh peneliti dinyatakan layak oleh siswa dari SMPN 1 Ungaran, SMPN 2 Ungaran, SMPN 3 Ungaran dan SMPN 4 Ungaran dengan persentase rata-rata sebesar 84.72%. Saran yang diajukan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Hasil dari penelitian dan pengembangan ini bisa dikembangkan pada mata pelajaran lainnya maupun materi pokok lain yang mempunyai karakteristik sama dengan materi pada LKS yang sudah dikembangkan peneliti. (2) Bahan ajar yang digunakan dalam sistem pembelajaran khususnya LKS sebaiknya disesuaikan dengan standar BSNP untuk memperoleh kelayakan dari LKS tersebut. (3) Guru bisa mengembangkan LKS pada tiap KD dengan basis karakter dan kebencanaan sesuai dengan kebutuhan pembelajaran itu sendiri. (4) Bagi siswa, diharapkan LKS berbasis karakter dan kebencanaan bisa meningkatkan kreatifitas dan aktivitas belajar siswa, meningkatkan karakter bangsa dan menambah wawasan kebencanaan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, Lembar Kerja Siswa (LKS), Karakter, Kebencanaan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 16 Apr 2014 16:32
Last Modified: 16 Apr 2014 16:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19951

Actions (login required)

View Item View Item