STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERMEDIAKAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN MODEL KONVENSIONAL BERMEDIAKAN SLIDE POWER POINT MATERI HIDROSFER SISWA KELAS VII BILLINGUAL

Anif Sukmawati , 3201409086 (2013) STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERMEDIAKAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN MODEL KONVENSIONAL BERMEDIAKAN SLIDE POWER POINT MATERI HIDROSFER SISWA KELAS VII BILLINGUAL. Under Graduates thesis, Univrersitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (STUDI KOMPARASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED INSTRUCTION BERMEDIAKAN VIDEO INTERAKTIF DENGAN MODEL KONVENSIONAL BERMEDIAKAN SLIDE POWER POINT MATERI HIDROSFER SISWA KELAS VII BILLINGUAL) - Published Version
Download (9Mb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PBI bermediakan video interaktif dan dengan model konvensional bermediakan slide power point pada materi hidrosfer siswa kelas VII billingual MTs Negeri Winong Kabupaten Pati (2) mengetahui perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan model PBI bermediakan video interaktif dan dengan model konvensional bermediakan slide power point pada materi hidrosfer siswa kelas VII billingual MTs Negeri Winong Kabupaten Pati . Metode penelitian yang digunakan adalah true experiment dengan bentuk static group pretest-posttest design. Populasi yaitu siswa kelas VII MTs Negeri Winong Kabupaten Pati tahun ajaran 2012/2013. Teknik sampling menggunakan purpossive sampling menghasilkan kelas VII billingual-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII billingual-B sebagai kelas kontrol. Metode pengumpul data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, tes, dan angket. Metode analisis data menggunakan uji t (t-test) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa kelas eksperimen dan kontrol. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan pembelajaran menggunakan model PBI bermediakan video interaktif sudah sesuai dengan RPP, silabus, dan berlangsung baik. Kinerja guru kelas eksperimen pertemuan I, II, III yaitu 62,50%, 75%, dan 80% lebih baik dibandingkan kelas kontrol pertemuan I, II, III yaitu 55%, 70%, dan 77%. Aktivitas belajar siswa kelas eksperimen pertemuan I, II, III yaitu 64,28%, 71,42%, dan 85,71% lebih baik dibandingkan kelas kontrol pertemuan I, II, III yaitu 53,57%, 57,14%, dan 67,85%. Sikap belajar siswa kelas eksperimen pertemuan I, II, III yaitu 70%, 80%, dan 90% lebih baik dibandingkan kelas kontrol pertemuan I, II, III yaitu 65%, 80%, dan 85%. Data angket tanggapan menunjukkan, sekitar 88% siswa sangat tertarik belajar menggunakan model PBI bermediakan video interaktif dan 32% siswa yang sangat tertarik belajar dengan model konvensional bermediakan slide power point. Simpulan yang diperoleh pelaksanaan pembelajaran model PBI bermediakan video interaktif sesuai dengan RPP, silabus, dan berlangsung baik. Hasil uji t-test dengan taraf signifikansi 5% dan dk (47) diperoleh thitung (3,56) > t tabel (1,68) yang menujukkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan model PBI bermediakan video interaktif dibandingkan dengan model konvensional bermediakan slide power point. Saran yang dapat peneliti berikan adalah (1) guru diharapkan mampu mengatur waktu sebaik-baiknya selama pembelajaran menggunakan model PBI bermediakan video interaktif. Hal ini agar penyampaian pembelajaran dapat berlangsung tepat waktu serta tidak melebihi alokasi waktu yang disediakan. (2) sebaiknya menerapkan model pembelajaran inovatif progressif lainnya sebagai upaya meningkatkan efektivitas proses pembelajaran dan hasil belajar IPS Terpadu (Geografi). (3)bagi siswa diharapkan agar menumbuhkan sikap kerjasama dan toleransi selama pembelajaran, sehingga tidak menimbulkan pertentangan pendapat antar anggota kelompok saat diberikan tugas interaktif berkelompok oleh guru.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, hidrosfer, model problem based instruction, studi komparasi, video interaktif
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 16 Apr 2014 12:18
    Last Modified: 16 Apr 2014 12:18

    Actions (login required)

    View Item