PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PERSEBARAN BIOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO KABUPATEN JEPARA

Ami Fatwayani, 3201408092 (2013) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PERSEBARAN BIOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO KABUPATEN JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CROSSWORD PUZZLE PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI KOMPETENSI DASAR PERSEBARAN BIOSFER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS MA MATHALIBUL HUDA MLONGGO KABUPATEN JEPARA) - Published Version
Download (2976Kb)

    Abstract

    Model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang melukiskan prosedur yang sistematis dalam mengorganisasikan pengalaman belajar untuk mencapai tujuan belajar tertentu, dan berfungsi sebagai pedoman bagi para perancang pembelajaran dan para pengajar dalam merencanakan aktivitas belajar mengajar. Kunci agar pelaksanaan pembelajaran tidak membosankan adalah menggunakan berbagai model pembelajaran yang bervariasi. Dalam pelaksanaan penelitian, peneliti menggunakan salah satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran crossword puzzle. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran crossword puzzle pada mata pelajaran geografi kompetensi dasar persebaran biosfer siswa kelas XI IPS MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara; (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran crossword puzzle dapat memberi pengaruh terhadap hasil belajar pada mata pelajaran geografi kompetensi dasar persebaran biosfer siswa kelas XI IPS MA Mathalibul Huda Mlonggo Jepara. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI IPS yang terdiri dari empat kelas yang yang keseluruhannya berjumlah 170 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik simple ramdom sampling. Kelas yang menjadi sampel penelitian adalah kelas XI IPS 3. Data awal menggunakan data pre-test untuk dilakukan dengan analisis variabel, reliabilitas, daya beda dan tingkat kesukaran. Kemudian setelah dilakukan pre-test, dilanjutkan dengan pembelajaran dan diakhiri dengan post-test. Analisis data menggunakan uji normalitas untuk mengetahui apakah data berdistribusi normal atau tidak. Kemudian uji hipotesis dihitung dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata pre-test kelas XI IPS 3 adalah 38,93 sedangkan rata-rata post-test adalah 77,86.Analisis persamaan regresi sederhana yang juga menyatakan bahwa hasil belajar 50,41% ditentukan oleh model pembelajaran crossword puzzle dan sisanya yaitu 49,59% ditentukan oleh faktor lain. Ini menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan dari dua variabel. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran crossword puzzle dengan hasil belajar. Saran, Karena terbukti bahwa penggunaan model pembelajaran crossword puzzle dapat memberi pengaruh yang positif dan signifikan, maka model pembelajaran crossword puzzle ini dapat digunakan guru sebagai model pembelajaran di kelas.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: pengaruh, model pembelajaran, crossword puzzle, hasil belajar
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 15 Apr 2014 10:50
    Last Modified: 15 Apr 2014 10:50

    Actions (login required)

    View Item