KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN PENDUDUK TERHADAP AKTIVITAS PEREKONOMIAN DI OBYEK WISATA WADUK CACABAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL

Arif Muktiaji, 3201408024 (2013) KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN PENDUDUK TERHADAP AKTIVITAS PEREKONOMIAN DI OBYEK WISATA WADUK CACABAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KONTRIBUSI TINGKAT PENDIDIKAN PENDUDUK TERHADAP AKTIVITAS PEREKONOMIAN DI OBYEK WISATA WADUK CACABAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN TEGAL) - Published Version
Download (2179Kb)

    Abstract

    Perkembangan pariwisata di Kabupaten Tegal semakin pesat dalam dekade terakhir ini. Keberadaan penduduk memiliki peran yang penting dalam menunjang pengembangan kepariwisataan karena banyak diantara mereka yang menjadi pelaku ekonomi di obyek wisata waduk Cacaban. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penyebab penduduk bekerja di obyek wisata waduk Cacaban, persepsi penduduk terhadap tingkat pendidikan dan kontribusi tingkat pendidikan penduduk terhadap aktivitas perekonomian. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan variabelnya tingkat pendidikan dan aktivitas perekonomian, sedangkan populasinya adalah warga Kelurahan Karanganyar yang bekerja di sektor perdagangan, jasa dan persewaan di obyek wisata waduk Cacaban berjumlah 351 orang. Sampelnya berjumlah 53 orang diperoleh dengan menggunakan teknik Stratified random sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah teknik kuesioner. Teknik analisis data menggunakan deskriptif presentase (DP) dan analisis regresi yang diolah menggunakan SPSS 16. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan terhadap aktivitas perekonomian di obyek wisata waduk Cacaban Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Tegal. Besarnya kontribusi tingkat pendidikan terhadap aktivitas perekonomian di obyek wisata waduk Cacaban dengan kategori sangat tinggi sebesar 82,47%. Jika dilihat dari uji hipotesis secara parsial dapat diketahui bahwa tingkat pendidikan penduduk Hasil uji F diperoleh t hitung sebesar 4,008 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000, karena tingkat signifikansi 0,00 < 0,05 maka kontribusi tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap aktivitas perekonomian. Dari hasil kesimpulan bahwa penyebab penduduk bekerja di obyek wisata waduk Cacaban karena pengaruh fisik yaitu untuk memperoleh pendapatan dengan kategori tinggi sebesar 75,47%. Terdapat keterlibatan penduduk dalam penelitian ini yaitu untuk yang tingkat pendidikan SMA dengan kategori sedang sebesar 47,16%, pendidikan SMP dengan kategori rendah sebesar 39,62%, pendidikan SD dengan kategori sangat rendah sebesar 13,22%. Terdapat profesi penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dari 53 responden bahwa 23 responden atau 43,40% pendidikan SMA bekerja sebagai penjual ikan bakar, penjual tiket, satpam, persewaan kapal dan tenda. Sedangkan 16 responden atau 30,18% pendidikan SMP bekerja sebagai penjual nasi pecel, jasa toilet, tukang parkir, persewaan kapal, tenda dan tikar. Sedangkan 14 responden atau 26,42% pendidikan SD bekerja sebagai penjual makanan maupun minuman, toilet, persewaan tenda dan tikar. Terdapat pendapatan penduduk berdasarkan tingkat pendidikan dari 53 responden bahwa 23 responden yang berprofesi sebagai penjual ikan bakar, penjual tiket, satpam, tukang parkir dan persewaan kapal secara keseluruhan mendapatkan rata-rata Rp. 1.243.500 per bulan. Sedangkan tingkat pendidikan SMP dari 16 responden yang berprofesi sebagai penjual nasi pecel, jasa toilet, persewaan kapal, tenda dan tikar secara keseluruhan mendapatkan rata-rata Rp. 547.750 per bulan. Sedangkan untuk pendidikan SD yang berprofesi sebagai penjual makanan maupun minuman, jasa toilet, tenda dan tikar secara keseluruhan mendapatkan rata-rata Rp. 375.150 per bulan. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa ada hubungan antara tingkat pendidikan dengan pendapatan penduduk yang bekerja di obyek wisata waduk Cacaban karena semakin tinggi tingkat pendidikan akan berpengaruh terhadap pendapatan. Saran yang dapat diberikan dalam penelitian ini untuk pedagang sebaiknya mengutamakan kebersihan makanan yang dijual kemudian makanan yang dijual lebih berfariasi agar pengunjung tertarik, bagi jasa adalah memberikan pelayanan yang maksimal agar nantinya pengunjung ingin kembali lagi ke obyek wisata waduk Cacaban, bagi persewaaan sebaiknya memberikan pelayanan yang ramah dan sebaiknya sudah ada papan harga untuk barang yang akan disewa.

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Aktivitas Ekonomi, Obyek Wisata Waduk Cacaban
    Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
    H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
    Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 14 Apr 2014 09:59
    Last Modified: 14 Apr 2014 09:59

    Actions (login required)

    View Item