DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS UNNES TERHADAP KONDISI EKONOMI DAN PENDIDIKAN PENDUDUK KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG (TAHUN 2006-2010)


NELLY SUSANTI , 3201408011 (2013) DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS UNNES TERHADAP KONDISI EKONOMI DAN PENDIDIKAN PENDUDUK KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG (TAHUN 2006-2010). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS UNNES TERHADAP KONDISI EKONOMI DAN PENDIDIKAN PENDUDUK KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG (TAHUN 2006-2010)]
Preview
PDF (DAMPAK KEBERADAAN KAMPUS UNNES TERHADAP KONDISI EKONOMI DAN PENDIDIKAN PENDUDUK KELURAHAN SEKARAN KECAMATAN GUNUNGPATI KOTA SEMARANG (TAHUN 2006-2010)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Keberadaan Kampus UNNES di Kelurahan Sekaran tentunya memberikan banyak perubahan terhadap penduduknya. Aspek yang sangat terlihat adalah adanya perubahan keadaan ekonomi penduduk sekitar. Peningkatan pendapatan bagi penduduk ini diperkirakan akan membawa dampak pula khususnya berupa perubahan sikap hidup penduduk mengenai pendidikan anakanaknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui dampak keberadaan kampus UNNES terhadap kondisi ekonomi penduduk Kelurahan Sekaran dari tahun 2006-2010 dan mengetahui dampak keberadaan kampus UNNES terhadap motivasi orang tua untuk melanjutkan pendidikan anaknya ke jenjang yang lebih tinggi. Populasi penelitian ini adalah penduduk Kelurahan Sekaran yang berstatus sebagai Kepala Keluarga. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 130 Kepala Keluarga yang tersebar dalam sembilan Rukun Warga di Kelurahan Sekaran. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data jumlah Kepala Keluarga (KK) dalam tiap-tiap RW, bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan penduduk Kelurahan Sekaran, jenis mata pencaharian penduduk Kelurahan Sekaran, dan jumlah penduduk sekolah dasar, sekolah menengah (umum dan kejuruan), dan mahasiswa melalui metode pengumpulan data berupa dokumentasi dan kuesioner. Data diolah dan dianalis dengan metode analisis data tabulasi silang (crosstab). Hasil penelitian menunjukan bahwa keberadaan kampus UNNES secara umum membawa dampak terhadap pertumbuhan ekonomi baru masyarakat, yang terlihat dengan makin banyaknya ditemukan jenis usaha baru di luar sektor pertanian. Dan secara umum penduduk Kelurahan Sekaran memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya pendidikan. Adapun faktor-faktor yang melatarbelakangi tingginya kesadaran melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi pada penduduk Kelurahan Sekaran meliputi empat faktor yaitu faktor masa depan yang lebih baik (30,77%), faktor gelar keserjanaan (29,23%), faktor peluang kerja (36,92%) serta faktor cita-cita (29,32%). Saran yang dapat dikemukanan adalah Bagi pemerintah kelurahan Sekaran hendaknya pengarahan untuk masyarakat dalam bidang pendidikan lebih ditingkatkan. Hendaknya masyarakat tetap menjaga solidaritas antar masyarakat yang satu dengan yang lain baik pendatang maupun mahasiswa dan agar tetap menjaga nilai-nilai dan adat istiadat yang pernah dilakukan sebelum adanya kampus.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keberadaan kampus UNNES, kondisi sosial ekonomi dan pendidikan penduduk Kelurahan Sekaran
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Geografi, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2014 13:06
Last Modified: 14 Apr 2014 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19931

Actions (login required)

View Item View Item