IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 UNGARAN


Isti Qomah, 3101409097 (2013) IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 UNGARAN]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 UNGARAN) - Published Version
Download (671kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diungkap dalam penelitian ini yaitu: bagaimanakah implementasi model-model pembelajaran inovatif di SMA negeri 2 Ungaran untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar sejarah. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah guru sejarah di SMA Negeri 2 Ungaran benar-benar mengimplementasikan model-model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran sejarah untuk menumbuhkan motivasi siswa dalam belajar sejarah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif sedangkan desain penelitiannya adalah studi kasus. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sample. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara 1) observasi partisipasi pasif, 2) wawancara mendalam, 3) dokumentasi. Data yang didapatkan diuji keabsahannya dengan menggunakan teknik reviu informan. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan Interactive analysis models. SMA Negeri 2 Ungaran telah mengimplementasikan model pembelajaran inovatif, khusunya pada mata pelajaran sejarah meskipun pelaksanaannya masih terbatas. Masih ada guru sejarah yang belum menerapkan model pembelajaran inovatif di kelas. Dengan alasan siswa menjadi kurang terkondisi dan menyebabkan materi pelajaran tidak dapat tersampaikan dengan sempurna, serta kerepotan dalam mempersiapkan media untuk mendukung pelaksanaan model pembelajaran inovatif, guru lebih memilih untuk menggunakan metode yang konvensional dalam mengajar sehingga dalam pelaksanaan pembelajaran, guru masih dominan dan siswa kurang proaktif serta sikap pamong kurang dikedepankan. Dengan pembelajaran yang seperti ini siswa akan mudah merasa bosan. Dalam memilih model pembelajaran yang tepat haruslah memperhatikan kondisi siswa/kelas, sifat materi ajar, sarana dan prasarana, serta tujuan pembelajaran. Model pembelajaran yang cocok dapat membuat siswa lebih aktif serta termotivasi dalam belajar yang akhirnya dapat berimbas pada hasil belajarnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: implementasi, model-model pembelajaran inovatif, sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 14:28
Last Modified: 11 Mar 2014 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19899

Actions (login required)

View Item View Item