PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DAN PERSONAL INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JUWANA TAHUN AJARAN 2012/2013


SARNI , 3101409088 (2013) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DAN PERSONAL INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JUWANA TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DAN PERSONAL INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JUWANA TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN DISKUSI DAN PERSONAL INVESTIGATION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 JUWANA TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran sejarah di sekolah model pembelajaran yang digunakan guru masih dirasa sangat kurang. Model pembelajaran yang digunakan guru hanya itu-itu saja mengakibatkan keaktifan dan kemandirian siswa dalam belajar semakin berkurang. Oleh karena itu perlu dikembangkannya model pembelajaran baru yang dapat merangsang keaktifan dan kemandirian siswa dalam belajar yaitu model pembelajaran diskusi dan personal investigation. Penelitian ini menggunakan RnD (Research and Development) adalah metode peneitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan untuk menguji keefektifan produk tersebut. Peneliti memfokuskan pada pengembangan model pembelajaran diskusi dan personal investigation yang dimaksudkan untuk dapat menyusun suatu model pembelajaran baru yang bisa diaplikasikan dalam pembelajaran dengan langkah-langkah yang jelas sesuai kaidah ilmiah. Hasil penelitian pengembangan model pmebelajaran diskusi dan personal investigation dalam pembelajaran sebagai berikut: (1) siswa lebih aktif dalam pembelajaran, (2) siswa tidak lagi mengandalkan teman saat ada tugas maupun diskusi, (3) masalah yang terjadi dalam pembelajran dapat dianalisis siswa dengan mudah, (4) dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab pada setiap siswa, khususnya tanggung jawab sebagai anggota kelompok, (5) dengan model pembelajaran ini proses pembelajaran dikelas lebih menyenangkan. Berdasarkan analisis dari hasil penelitian dan pembahasan maka dapat ditarik simpulan yaitu pengembangan model pembelajaran diskusi dan personal investigation yang telah diimplementasikan dalam pembelajaran sejarah membawa dampak positif baik itu bagi siswa maupun bagi guru. Siswa lebih aktif dalam pembelajaran dan siswa lebih mandiri dan dapat mengidentifikasi suatu peristiwa sejarah dengan baik. Model pembelajaran diskusi dan personal investigasi sesuai diterapkan dalam pembelajaran sejarah di kelas. Berdasarkan hasil simpulan penelitian maka hal yang disarankan yaitu: (1) guru hendaknya bervariasi lagi dalam menggunakan model pembelajaran dalam proses belajar mengajar. (2) dengan adanya pengembangan model pembelajaran baru ini dapat digunakan sebagai referensi bagi guru dalam melakukan pembelajaran di kelas. (3) model pembelajaran diskusi dan personal investigasi dapat diterapkan dan dipakai guru dalam pembelajaran sejarah di kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Diskusi Dan Personal Investigation, Pembelajaran Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 14:18
Last Modified: 11 Mar 2014 14:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19897

Actions (login required)

View Item View Item