KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL
Putri Anggarani , 3101409075 (2013) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SEJARAH DI SMA NEGERI 1 DUKUHWARU KABUPATEN TEGAL)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Guru adalah salah satu faktor yang mempengaruhi terciptanya pendidikan yang berkualitas, oleh karena itu guru harus memiliki empat kompetensi salah satunya adalah kompetensi pedagogik yaitu kemampuan yang dipandang sebagai suatu proses atau aktifitas yang bertujuan agar tingkah laku manusia mengalami perubahan. Masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaiman perencanaan guru sejarah sebelum melakukan pembelajaran di SMA Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal? (2) Bagaimana pembelajaran yang dilalukan oleh guru sejarah di SMA Negeri 1 Dukuhwaru Kabupaten Tegal? (3) Apa yang dilakukan guru sejarah dalam mengevaluasi proses pembelajaran? Penelitian ini menggunakan metote penelitian kualitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA Negeri 1Dukuhwaru Kabupaten Tegal. Pemilian tempat berada di SMA Negeri 1 Dukuhwaru dilatar belakangi karena kebaradaan SMA Negeri 1 Dukuhwaru yang merupakan satu - satunya sekolah menengah atas pertama di kecamatan Dukuhwaru mampu menarik minat warga untuk memasukakan anaknya untuk belajar disana sehingga dalam jangka waktu 14 tahun sejak tahun 1999 sampai sekarang tahun 2013 sekolah ini mampu sejajar dengan sekolah lain yang notabenya sudah ada sejak dulu di wilayah kabupetn Tegal. Teknik dalam pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu: (1) observasi (2) wawancara mendalam (3) angket (4) dokumentasi. Aktivitas dalam analisis data, yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verivication. Hasil penelitian menunjukan bahwa kompetensi pedagogik yang meliputi perencanan, pembelajran dan evaluasi sudah dimiliki oleh semua guru sejarah di SMA Negeri 1 Dukuhwaru. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembuatan silabus dan RPP sebelum mengajar, dalam pembelajaran guru selalu memberikan salam, motivasi dan pengunana media yang bervariasi yang membuat siswa menjadi bersemangat. Sedangkan dalam evaluasi guru menilai dari aspek kognitif dan aspek afektif. Saran yang diajukan adalah Peran guru merupakan peran yang sangat penting didalam sekolah, dalam hal ini adalah guru sejarah di SMA Negeri 1 Dukuhwaru oleh karena guru sejarah harus selalu meningkatkan empat potensi yang dimiliki terutama kompetensi pedagogik yang meliputi perencanaan, pembelajaran dan evaluasi. Bagi sekolah sebaiknya meningkatkan sarana parasaranan (fasilitas) sekolah agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga memudahkan guru dalam memberikan penugasan yang membuat siswa untuk bisa berfikir secara kreatif dan aktraktif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Pedagogik Guru Sejarah |
Subjects: | C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 11 Mar 2014 13:46 |
Last Modified: | 11 Mar 2014 13:46 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19894 |
Actions (login required)
View Item |