PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X-1 SMA N 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013


Laily Fuadah, 3101409070 (2013) PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X-1 SMA N 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X-1 SMA N 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENINGKATAN BERPIKIR KREATIF SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERKIRIM SALAM DAN SOAL MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X-1 SMA N 1 KENDAL TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran Sejarah kelas X-1 SMA N 1 Kendal masih kurang maksimal dan lebih didominasi oleh guru. Peserta didik kurang mampu untuk memahami sejarah, siswa kurang mampu menganalisis terhadap isi yang terkandung dalam tugas. Kondisi ini mengakibatkan mereka kurang dapat menyerap pemahaman materi bidang yang dipelajari, sehingga kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah dan belum mencapai ketuntasan minimal yang telah ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X SMA N 1 Kendal tahun ajaran 2012/2013? Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang menggunakan metode kualitatif diskriptif. Subyek penelitian dilakukan pada kelas X-1 SMA N 1 kendal tahun ajaran 2012/2013. Pada penelitian ini dilakukan dua siklus yaitu siklus I dan siklus II dan mendapatkan perlakuan yang sama pada tiap siklus. Adapun aspek yang diamati dalam penelitian ini yaitu (a) keterampilan berpikir lancar; (b) keterampilan berpikir luwes; (c) keterampilan berpikir orisinil; dan (d) keterampilan memperinci. Teknik pengumpulan data yaitu tes, dokumentasi dan angket. Variabel yang di selidiki dalam penelitian ini adalah variabel input, proses dan output yang dimana variabel tersebut dijadikan tolok ukur untuk menjawab permasalahan yang dihadapi Hasil menunjukkan bahwa terjadi peningkatan berpikir kreatif siswa yaitu siklus I memperoleh persentase 63,18% masuk pada kategori cukup kreatif dan meningkat pada siklus II memperoleh 81,19 % masuk pada kategori kreatif. Pada rata – rata nilai siswa siklus I memperoleh 71,87% masuk dalam kategori cukup baik, pada siklus II terjadi peningkatan dan memperoleh persentase 82,5% masuk pada kategori baik. Kemudian hasil penelitian ini di perkuat dengan adanya angket tanggapan siswa pada model pembelajaran berkirim salam dan soal memperoleh 84,37% termasuk kategori kreatif. Dengan demikian penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal dapat meningkatkan berpikir kretif siswa kelas X-1 SMA N 1 Kendal tahun ajaran 2012/2013. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya pengetahuan guru tentang penerapan model pembelajaran berkirim salam dan soal serta dapat digunakan dalam pembelajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: berpikir kreatif, berkirim salam dan soal
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:37
Last Modified: 11 Mar 2014 13:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19892

Actions (login required)

View Item View Item