STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER DI SMP NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013


Ahmad Ramdhani, 3101409065 (2013) STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER DI SMP NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER DI SMP NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (STRATEGI GURU DALAM INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER PADA PEMBELAJARAN IPS SEJARAH MELALUI MEDIA FILM DOKUMENTER DI SMP NEGERI 2 BREBES TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaiamana guru menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sejarah melalui media film dokumenter? 2) Bagaimana strategi guru dalam internalisasi pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sejarah melalui media film dokumenter?, 3) Kendala apa saja yang ditemui oleh guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran sejarah melalui film dokumenter? 4) Bagaimana Apresiasi Siswa terhadap pemanfaatan film dokumenter terhadap pembelajaran IPS sejarah. Tujuan daripada penelitian ini adalah 1) Mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter apakah yang diinternalisasikan oleh guru pada pembelajaran IPS sejarah melalui film dokumenter di SMP Negeri 2 Brebes, 2) Menganalisis strategi guru dalam internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sejarah melalui media film dokumenter, 3) Menganalisis kendalakendala yang ditemui oleh guru dalam menginternalisasikan nilai-nilai pendidikan karakter pada pembelajaran IPS sejarah melalui film dokumenter, 4) Mengetahui apresiasi siswa terhadap pembelajaran IPS sejarah melalui film dokumenter. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Negeri 2 Brebes. Informan dalam penelitian ini adalah 11 orang guru di SMP Negeri 2 Brebes, dan 14 Peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data yang digunakan adalah teknik cuplikan, teknik triangulasi data. Teknik analisis data mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Nilai-nilai pendidikan karakter yang diinternalisasikan guru pada pembelajaran sejarah melalui media film dokumenter yaitu nilai-nilai karakter yang sesuai dengan ciri khas bangsa Indonesia dan nilai karakter sesuai dengan usia mereka yaitu usia SMP yang meliputi cinta tanah air/nasionalis yang ditunjukan dengan sikap menghormati terhadap bendera merah putih pada saat upacara dan menghargai jasa-jasa pahlawan, jujur ditunjukan dengan sikap siswa pada saat ulangan tidak mencontek, toleransi ditunjukan dengan cara saling menghormati diantara siswa-siswi yang berbeda suku, disiplin ditunjukan dengan cara masuk kelas tepat waktu, religius ditunjukan dengan cara berdo’a pada awal dan akhir pelajaran, rasa ingin tahu ditunjukan siswa dengan cara mencari pengetahuan baru atau materi yang diajarkan oleh guru melalui media film dokumenter, sopan santun ditunjukan dengan cara betutur kata terhadap orang yang lebih tua, Saran yang dapat dikemukakan penulis antara lain: Bagi kepala sekolah dan guru-guru di SMP Negeri 2 Brebes, dapat mengoptimalisasikan dan berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis karakter dengan mengimplementasikan nilai-nilai pendidikan berkarakter ke dalam perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, serta metode, media dan teknik evaluasi yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar maupun kegiatan ekstrakulikuler dengan lebik baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sejarah, Pendidikan Karakter, Film Dokumenter
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:34
Last Modified: 11 Mar 2014 13:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19891

Actions (login required)

View Item View Item