PERANAN PELAJARAN SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI SEJARAH LOKAL DI SMKN 1 JEPARA


Kaharisma, 3101409056 (2013) PERANAN PELAJARAN SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI SEJARAH LOKAL DI SMKN 1 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERANAN PELAJARAN SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI SEJARAH LOKAL DI SMKN 1 JEPARA]
Preview
PDF (PERANAN PELAJARAN SEJARAH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS NILAI SEJARAH LOKAL DI SMKN 1 JEPARA) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pelajaran sejarah melalui pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal pada hakikatnya merupakan mata pelajaran yang sejalan dengan tujuan pendidikan, yaitu untuk membentuk karakter bangsa. Mengingat sejarah lokal mengandung berbagai nilai karakter dan tradisi yang berasal dari masyarakat, sehingga dalam pembelajaran sangat memudahkan peserta didik dalam mengambil contoh nyata pengembangan karakter yang berasal dari lingkungan mereka sendiri. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah : 1) Bagaimana pemahaman siswa SMKN 1 Jepara terhadap sejarah lokal di Kabupaten Jepara? 2) Bagaimana posisi pelajaran sejarah sebagai komponen sistem pembentuk karakter siswa di SMKN 1 Jepara? 3) Bagaimana peranan pelajaran sejarah dengan pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal terhadap pengembangan karakter siswa SMKN 1 Jepara. Tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mengetahui pemahaman siswa SMKN 1 Jepara terhadap sejarah lokal di Kabupaten Jepara, 2) Untuk mengetahui posisi pelajaran sejarah sebagai komponen sistem pembentuk karakter siswa di SMKN 1 Jepara, 3) Untuk mengetahui peranan pelajaran sejarah dengan pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal terhadap pengembangan karakter siswa SMKN 1 Jepara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru sejarah , kepala sekolah, dan siswa SMKN 1 Jepara. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumen. Teknik pengujian yang dipergunakan dalam menentukan keabsahan data dalam penelitian ini adalah menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data model intraktif yang mencakup empat hal yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Pemahaman siswa SMKN 1 Jepara terhadap sejarah lokal di Kabupaten Jepara cukup baik, meskipun pengetahuan tentang sejarah lokalnya hanya terbatas seputar tokoh Ratu Shima, Ratu Kalinyamat, R.A Kartini berikut semua peninggalan mereka. Pelajaran sejarah memiliki posisi yang cukup strategis sebagai komponen sistem pengembangan karakter siswa di SMKN 1 Jepara, pelajaran sejarah juga telah menjadi bagian dari kegiatan kesiswaan di SMKN 1 Jepara. Pelajaran sejarah di SMKN 1 Jepara melalui pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal memiliki peran yang efektif dalam mengembangkan karakter siswa. Pelajaran sejarah berperan sebagai salah satu komponen strategis dalam sistem pengembangan karakter siswa, sebagai media pewarisan nilai sejarah lokal Kabupaten Jepara, sebagai jembatan penghubung antara dunia nyata dengan dunia sekolah, dan sebagai fasilitator siswa dalam mengimplementasikan nilai-nilai karakter yang mereka peroleh. Saran yang dapat dikemukakan penulis adalah agar pemahaman dan pengetahuan siswa tentang sejarah lokal Kabupaten Jepara perlu lebih ditingkatkan lagi. Selain itu guru sejarah di SMKN 1 Jepara, dapat berperan aktif dalam pelaksanaan pembelajaran berbasis nilai sejarah lokal dengan mengimplementasikan nilai-nilai sejarah lokal ke dalam perangkat pembelajaran seperti silabus, RPP, serta metode, media dan teknik evaluasi yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar dengan lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelajaran Sejarah, Pendidikan Karakter, Sejarah Lokal
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:19
Last Modified: 11 Mar 2014 13:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19889

Actions (login required)

View Item View Item