PENGARUH MEDIA PEMBALAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013


Zulkham Fatturrakhman , 3101409055 (2013) PENGARUH MEDIA PEMBALAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH MEDIA PEMBALAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (PENGARUH MEDIA PEMBALAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran sejarah di SMA N 1 Batang, sumber belajarnya sangat minim. Hanya sebatas menggunakan buku paket dan LKS. Film merupakan media tiga dimensi yang tergolong ke dalam media berbasis audio visual, yaitu media yang dalam penyampaian pesannya mengandalkan penglihatan dan pendengaran. Kelebihan film sebagai media pembelajaran adalah sangat banyak tersedia dan mudah untuk mendapatkannya. Lewat perkembangan zaman seperti sekarang ini, kita bisa mendapatkan berbagai film yang kita inginkan, semisal lewat situs Youtube. Pada penelitian ini media pembelajarannya memakai film dokumenter. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pemeblajaran film dokumenter terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Batang Tahun Pelajaran 2012/2013. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen pola Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 128 siswa, terdiri dari 4 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling. Cara ini dilakukan setelah menganalisis hasil Nilai Ulangan Sejarah Semester 1 yang hasilnya homogen dan berdistribusi normal. Dalam pengambilan sampel diperoleh 2 kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas eksperimen. Uji regresi sederhana diperoleh nilai rxy = 0,833, dengan = 5 % dan N = 32, diperoleh nilai rtabel = 0,349. Karena rhitung > rtabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan sebesar 0,828 antara media pembelajaran film dokumenter terhadap hasil belajar sejarah siswa. Koefisien determinasinya r2 = 0,8332 = 0,694. Hal ini berarti 69,4% hasil belajar sejarah siswa ditentukan oleh media pembelajaran film dokumenter, melalui persamaan regresi sisanya 30,6% ditentukan oleh faktor lain. Media pembelajaran film dokumenter pada pembelajaran sejarah lebih berpengaruh. Saran mengenai penelitian ini yaitu (1) Media pembelajaran film dokumenter bisa dijadikan solusi dalam memaksimalkan pembelajaran sejarah, (2) Perlunya buku-buku atau sumber –sumber penunjang lain yang sesuai dengan materi, terutama tentang masa Pendudukan Jepang di Indonesia pada penelitian ini, sehingga dapat memudahkan siswa dalam memahami media film dokumenter ketika pembelajaran, tidak hanya lewat buku paket, LKS maupun internet.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh, Media Pembelajaran, Film Dokumenter.
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:13
Last Modified: 11 Mar 2014 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19888

Actions (login required)

View Item View Item