PEMANFAATAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SEJARAH KELAS VIII SMP NEGERI 1 PECANGAAN


Lutfi Amiq, 3101409046 (2013) PEMANFAATAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SEJARAH KELAS VIII SMP NEGERI 1 PECANGAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PEMANFAATAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SEJARAH KELAS VIII SMP NEGERI 1 PECANGAAN]
Preview
PDF (PEMANFAATAN MEDIA MACROMEDIA FLASH TERHADAP MINAT BELAJAR IPS SEJARAH KELAS VIII SMP NEGERI 1 PECANGAAN) - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam proses belajar-mengajar selain guru dan siswa, dua unsur yang sangat penting yaitu metode pembelajaran dan media pembelajaran. Namun, sekarang proses pembelajaran khususnya Mata Pelajaran IPS Sejarah di SMPN 1 Pecangaan Jepara jarang menggunakan media pembelajaran. Hal itu menyebabkan siswa berpendapat bahwa pelajaran IPS Sejarah itu menjenuhkan, padahal hampir semua kelas di SMP N 1 Pecangaan Jepara dilengkapi oleh proyektor. Dalam penelitian ini, peneliti menawarkan menggunakan media Macromedia Flash untuk mengatasi masalah yang muncul. Macromedia Flash merupakan jenis media audio visual. Program ini berisi materi pelajaran IPS Sejarah dengan tampilan animasi-animasi dalam bentuk gambar gerak dan juga animasi suara yang bervariasi yang memungkinkan supaya siswa lebih aktif dan tidak jenuh dalam mengikuti pelajaran IPS Sejarah. Sehingga guru bisa memanfaatkan fasilitas dan teknologi media yang ada secara maksimal. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah: (1) bagaimana minat belajar siswa yang menggunakan media Macromedia Flash, (2) bagaimana minat belajar siswa yang tidak menggunakan media Macromedia Flash, (3) adakah perbedaan minat belajar siswa yang menggunakan media Macromedia Flash dan yang tidak menggunakan media Macromedia Flash. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Pecangaan Jepara tahun ajaran 2013/2014, dengan kelas kontrol VIII D dan kelas eksperimen kelas VIII C. Sampel dipilih menggunakan teknik nonprobability sampling tipe purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) minat belajar IPS Sejarah siswa kelas yang menggunakan Macromedia Flash tinggi dengan rata-rata nilai angket 92,79 (2) minat belajar IPS Sejarah siswa kelas yang tidak menggunakan Macromedia Flash rendah dengan rata-rata nilai angket 70.1. Simpulan dalam penelitian ini yaitu: berdasarkan hasil uji hipotesis (uji t) dua pihak nilai posttest diperoleh nilai sig. (0,000) < α (0,05), yang berarti ada perbedaan yang signifikan minat belajar sejarah kelas VIII C dengan kelas VIII D.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, Macromedia Flash, IPS Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:06
Last Modified: 11 Mar 2014 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19886

Actions (login required)

View Item View Item