EFEKTIFITAS METODE LISTENING GROUP BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 1 PURWODADI TAHUN AJARAN 2013/2014


Aisyah Fatihatul Muniroh, 3101409045 (2013) EFEKTIFITAS METODE LISTENING GROUP BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 1 PURWODADI TAHUN AJARAN 2013/2014. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIFITAS METODE LISTENING GROUP BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 1 PURWODADI TAHUN AJARAN 2013/2014]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS METODE LISTENING GROUP BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS SMA N 1 PURWODADI TAHUN AJARAN 2013/2014) - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat mampu mempengaruhi kondisi pembelajaran didalam kelas. Dalam pembelajaran sejarah guru yang sering menggunakan metode ceramah membuat siswa menjadi jenuh. Guru juga sering mendominasi didalam kelas sehingga interaksi dengan siswa kurang.. Pada akhirnya keaktifan dan hasil belajar mereka menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalah tersebut perlu diterapkan metode mampu membangkitkan keaktifan dan interaksi didalam kelas salah satunya yaitu metode Listening Group berbantuan video pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran terhadap hasil belajar sejarah. Rumusan masalah penelitian ini: (1) bagaimana hasil belajar siswa yang menggunakan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran dalam pembelajaran sejarah? (2) adakah perbedaan hasil belajar antara kelas yang menggunakan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran dengan kelas yang menggunakan metode ceramah dalam pembelajaran sejarah? (3) apakah metode pembelajaran Listening Group efektif terhadap hasil belajar sejarah siswa ? Metode pengumpulan data menggunakan tes. Variabel bebas yaitu metode Listening Group berbantuan video pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS SMA N 1 Purwodadi yang berjumlah 94 siswa, terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling dan diperoleh kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitin yang telah dilakukan, diperoleh rata-rata nilai post tes kelas eksperimen yaitu 80,40 dan rata-rata kelas kontrol yaitu 73,56. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan metode Listening Group berbantuan video pembelajaran lebih baik dari pada siswa yang menggunakan metode ceramah. Penggunaan metode pembelajaran Listening Group berbantuan video pembelajaran efektif terhadap hasil belajar siswa. Saran mengenai penelitian ini yaitu (1) Metode pembelajaran Listening Group bisa dijadikan solusi guru untuk memaksimalkan pembelajaran di dalam kelas. (2) Siswa perlu dibiasakan untuk bertanya, berpendapat, dan menjawab pertanyaan agar pembelajaran lebih aktif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode Pembelajaran Listening Group berbantuan Video Pembelajaran, Hasil Belajar
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 13:00
Last Modified: 11 Mar 2014 13:00
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19885

Actions (login required)

View Item View Item