IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA) TAHUN AJARAN 2012/2013


Diah Karminah , 3101409040 (2013) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA) TAHUN AJARAN 2012/2013. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA) TAHUN AJARAN 2012/2013]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH (STUDI KASUS DI SMA NEGERI 1 AMBARAWA) TAHUN AJARAN 2012/2013) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada warga sekolah meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut. Pembelajaran sejarah berfungsi untuk membangun perspektif serta kesadaran sejarah dalam menemukan, memahami, dan menjelaskan jati diri bangsa di masa lalu, masa kini, dan masa depan di tengah-tengah perubahan dunia. Penerapan pendidikan karakter dapat disisipkan dengan menjelaskannya saat pembelajaran sejarah sedang berlangsung dan tidak melenceng dari silabus dan RPP. Berdasarkan hasil observasi di SMA Negeri 1 Ambarawa menunjukkan bahwa masih terdapat siswa yang belum berkarakter sesuai dengan nilai-nilai yang ada walaupun sekolah ini menjadi pilot project pendidikan karakter. Permasalahan yang dikaji adalah (1) bagaimana kesiapan guru sejarah dalam melaksanakan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Ambarawa, (2) bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ambarawa, (3) kendala apa saja yang dialami oleh guru saat penerapan pendidikan karakter pada proses pembelajaran sejarah di SMA Negeri 1 Ambarawa, (4) bagaiaman persepsi dan apresiasi/ tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pendidikan karakter di SMA Negeri 1 Ambarawa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber atau data dan metode. Prosedur kegiatan penelitian dilakukan dengan tahap orientasi, eksplorasi, dan pengecekan kebenaran hasil penelitian. Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan tahap pralapangan, pekerjaan lapangan, dan analisis data yang didalamnya terdapat pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesiapan guru sejarah dalam pelaksanaan pendidikan karakter sudah baik dengan mempersiapkan silabus dan RPP, (2) pelaksanaan pendidikan karakter kurang optimal sebab guru belum menyertakan instrumen penilaian pendidikan karakter, tetapi dilakukan dengan baik karena sesuai dengan silabus dan RPP yang disisipi dengan penjelasan nilai-nilai karakter bangsa, (3) kendala yang dialami oleh guru yaitu: waktu yang begitu singkat, lingkungan masyarakat yang kurang kondusif, media elektronik, model pembelajaran, dan biaya untuk mendukung kegiatan pendidikan karakter, (4) persepsi dan apresiasi/ tanggapan siswa terhadap pelaksanaan pendidikan karakter sudah baik terbukti dari karakter yang baik serta didukung dengan adanya ketegasan aturan dari sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sejarah
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > C Auxiliary sciences of history (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2014 12:40
Last Modified: 11 Mar 2014 12:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19883

Actions (login required)

View Item View Item