PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA JAWA BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR


Amrih Setiowati, 2102408083 (2013) PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA JAWA BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA JAWA BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN BUKU BERBAHASA JAWA BERGAMBAR SEBAGAI PENUNJANG PEMBELAJARAN BAHASA JAWA SEKOLAH DASAR) - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Kegiatan belajar-mengajar di kelas membutuhkan perangkat pembelajaran yang beraneka ragam akan tetapi, peredaran buku pelajaran saat ini mengalami kendala baik dari segi kuantitas maupu kualitas. Kondisi ini juga terjadi bagi mata pelajaran muata lokal bahasa Jawa. Dari segi kuantitas jumlah buku bahasa Jawa yang beredar kurang mencukupi jika dibandingkan dengan jumlah peserta didik. Kendala lainnya yaitu pada kualitas buku yang kurang sesuai dengan kurikulum dan kondisi sosial budaya masyarakat pengguna buku tersebut. Dari latar belakang tersebut, rumusan masalah yang disusun dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan buku berbahasa Jawa bergambar sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jawa sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangankan prototipe buku berbahasa Jawa bergambar sebagai penunjang pembelajaran bahasa Jawa Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D). Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah guru dan ahli (uji ahli kosakata dan grafis). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, studi pustaka, dokumentasi, wawancara, dan angket yang terbagi menjadi angket kebutuhan pengembangan kampus dan angket penilaian prototipe. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa pembuatan buku berbahasa Jawa bergambar. Pada bagian pembukaan kamus terdapat halaman judul dalam, identitas buku, halaman judul singkat, persembahan, kata pengantar, petunjuk penggunaan kamus, dan daftar isi. Bagian isi berisi daftar kosakata yang dikemas berdasarkan tema dan disusun sesuai letak gambar. Adapun tema yang tersaji untuk isi kamus adalah tema anggota tubuh; tema warna; tema angka; dan tema silsilah kekeluargaan.Selain memaparkan kosakata yang diikuti gambar, dipaparkan juga halaman keterangan kosakata sulit dan halaman tataran tembung. Bagian penutup terdapat daftar pustaka, dan biodata penulis. Berdasarkan hasil penelitian dan simpulan dalam penelitiaan ini, peneliti menyampaikan beberapa saran sebagai berikut. Pertama,buku berbahasa Jawa bergambar dapat digunakan sebagai salah satu sumber pustaka dalam proses belajar mengajar. Kedua, perlu diadakan penelitian lebih lanjut untuk menguji keefektifan buku berbahasa Jawa bergambar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Buku, Jawa, Bergambar, Sekolah Dasar
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 12:46
Last Modified: 22 Jan 2014 12:46
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19856

Actions (login required)

View Item View Item