Tokoh dan Penokohan UtamaDalam Kumpulan Cerita Cekak Manjing Daging Karya Ariesta Widya


Febdini Purbayuning Cempaka Weny, 2102406661 (2013) Tokoh dan Penokohan UtamaDalam Kumpulan Cerita Cekak Manjing Daging Karya Ariesta Widya. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Tokoh dan Penokohan UtamaDalam Kumpulan Cerita Cekak Manjing Daging Karya Ariesta Widya]
Preview
PDF (Tokoh dan Penokohan UtamaDalam Kumpulan Cerita Cekak Manjing Daging Karya Ariesta Widya) - Published Version
Download (396kB) | Preview

Abstract

Crita cekak merupakan jenis karya sastra yang tidak terlalu panjang dan dibaca sekali tuntas.Crita cekakManjing Daging karya Ariesta Widya ini menceritakan tentang kehidupan sehari-hari dan keadaan disekelilingnya, tokohtokoh utama dalam kumpulan cerkak Manjing Daging yang memiliki sifat dak karakter yang berbeda-beda. Masalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana tokoh dan penokohan utama dalam kumpulan crita cekak Manjing Daging karya Ariesta Widya?Adapun tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tokoh dan penokohan utama pada kumpulan crita cekak Manjing Daging karya Ariesta Widya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Objektif sastra.Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode analisis struktural. Data dan Sumber Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi tokoh dan dialog tokoh yang menunjukan gambaran watak tokoh utama dalam kumpulan cerkak Manjing Daging. Sasaran penelitian ini adalah tokoh dan penokohan utama dalam kumpulan crita cekak Manjing Daging karya Ariesta Widya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan membaca cekak berulang-ulang sehingga peneliti dapat mengetahui dengan jelas tokoh dan penokohan utama yang terkandung dalam kutipan-kutipan cekakManjing Daging.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini memperlihatkan tokoh dan penokohan utama pada kumpulan crita cekak Manjing Daging yang memiliki watak berbeda-beda seperti: Tokoh yang memiliki watak sabar terdapat pada tokoh Gon Welikin, Luis Matrebongs, dan Tasrip. Watak rajin terdapat pada tokoh Teran.Watak pendendam terdapat pada tokoh Botbot Ohoira.Terdapat juga watak yang bertanggung jawab yaitu pada tokoh Josep Narwadan, Esomar, dan Rais.Watak sombong yaitu pada tokoh Mami dan Mat Kasan.Terdapat juga watak yang jujur yaitu pada tokoh Pak Bayan, Ponirah, dan Pak Gondo.Watak yang memiliki cinta kasih yaitu terdapat pada tokoh Magda.Watak tidak perhatian terdapat pada tokoh Karmidi.Terdapat juga watak bijaknasa yaitu pada tokoh Tasjid.Adapula watak yang ragu-ragu yaitu pada tokoh Edo Yaman.Sedangkan watak yang perhatian pada keluarga terdapat pada tokoh Rebeka. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan yaitu, hendaknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman atau pun perbandingan dalam penelitian berikutnya, terutama penelitian tentang tokoh dan penokohan utama dalam kumpulan cerkak yang berhubungan dengan psikologi sastra.Hendaknya penelitian ini juga dapat menambah wawasan bagi para pembaca dalam bidang karya sastra.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tokoh, Penokohan
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 Jan 2014 11:32
Last Modified: 22 Jan 2014 11:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/19853

Actions (login required)

View Item View Item